Ciri-ciri Printer Diretas Hacker dan Cara Menghindarinya

Telset.id, Jakarta – Hacker tidak sebatas hanya meretas akun sosial media, website, smartphone atau PC saja. Kini, mereka juga menargetkan printer sebagai sasaran utama aksi peretasan. Ada beragam ciri-ciri printer diretas hacker.

Misalnya saja seperti pada suatu malam tiba-tiba printer menyala dan mencetak sesuatu tanpa adanya permintaan dari siapapun.

Atau, printer tiba-tiba mengeluarkan iklan dari perusahaan yang menjanjikan untuk mengiklankan barang melalui printer. Lalu, printer mulai mencetak semua jenis gobbledygook atau untaian kata yang berbelit-belit dan tidak jelas.

{Baca juga: Hacker Retas Printer di Seluruh Dunia untuk Bantu PewDiePie}

Menurut Kaspersky Lab dalam keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Senin(17/12/2018), ciri-ciri tadi hanya berlaku untuk printer yang terhubung dengan jaringan internet.

Nah, karenanya dalam tulisan kali ini kami bakal memberikan beberapa tips untuk menghindari serangan hacker terhadap printer Anda. Sehingga, kejadian yang tidak diinginkan akibat serangan hacker pun dapat kita cegah.

  • Pertama, nonaktifkan pengaturan printer apa pun yang melibatkan pencetakan melalui internet.
  • Kemudian, ubah nama pengguna dan kata sandi printer Anda apabila terdapat protokol login pada printer. Jangan pernah menggunakan password yang standar dan mudah ditebak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Tutup port router 9100, 515 dan 721-731. Untuk mencari tahu caranya coba lihat buku petunjuk manual router Anda.
  • Matikan printer Anda saat tidak digunakan.

Serangan terhadap printer yang mengejutkan masyarakat dunia baru-baru ini adalah ketika ratusan ribu printer di seluruh dunia diretas oleh hacker. Printer itu mencetak selebaran yang memerintahkan pemilik printer untuk bantu PewDiePie, channel dengan jumlah subscriber terbanyak di YouTube.

{Baca juga: Keren! Kubah Bahan Bakar Satelit Ini Dibuat dengan Printer 3D}

Selebaran itu mengatakan bahwa PewDiePie membutuhkan bantuan serta subscribe tambahan agar posisi PewDiePie sebagai channel YouTube dengan subscriber terbanyak tidak tergusur oleh channel asal India, T-Series.

Menariknya, di akhir selebaran tersebut muncul kode ASCII yang membentuk logo brofist, sebuah gerakan yang dipopulerkan oleh pria dengan nama asli Felix Kjellberg itu. (NM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0