Cegah Covid-19, Begini Cara Gunakan Aplikasi Peduli Lindungi

Aplikasi Peduli Lindungi

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengembangkan aplikasi Peduli Lindungi sebagai langkah penanganan penanganan virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Berikut ini cara untuk download dan gunakan aplikasi PeduliLindungi tersebut.

Sampai berita ini diturunkan, aplikasi PelindungLindungi belum tersedia di platform Google Play Store maupun App Store. Tapi, aplikasi tersebut sudah tersedia di situs resmi dengan format .APK (untuk Android).

Cara Download Aplikasi PeduliLindungi

Akses situs resmi PeduliLindungi. Kemudian tekan tombol Unduh untuk Android.

Aplikasi PeduliLindungi

Ketika sudah di-download dan dipasangkan pada smartphone, pengguna dipersilahkan untuk mendaftarkan diri di aplikas. Caranya, dengan mengetuk tombol Jadi Partisipan.

Aplikasi PeduliLindungi

Untuk mendaftar, pengguna cukup mengisi nama lengkap dan nomor ponsel yang aktif. Setelah itu, aplikasi akan mengirim One-Time Password (OTP) ke nomor ponsel.

Aplikasi PeduliLindungi

Selanjutnya, aplikasi akan meminta izin. Izin yang dimaksud adalah, meminta data berupa nomor ponsel supaya mereka dapat menghubungi pengguna. Tujuannya, Peduli Lindungi akan menghubungi pengguna yang memiliki riyawat kontak dengan pasien yang positif Covid-19. Klik Saya Setuju untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

{Baca juga: Aplikasi TraceTogether Bisa Lacak Pasien Covid-19 via Ponsel}

Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi akan meminta izin akses lokasi dan Bluetooth smartphone. Tujuannya, agar aplikasi bisa mendeteksi lokasi perangkat ponsel.

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

Ketika aplikasi Peduli Lindungi aktif, pengguna cukup mengaktifkan Bluetooth saja. Sebab, melalui koneksi ini, aplikasi bisa mendeteksi smartphone lain di jarak yang berdekatan yang juga memasang aplikasi Peduli Lindungi. Nantinya, akan terjadi pertukaran ID anonim yang akan direkam oleh perangkat masing-masing.

{Baca juga: Diralat, Aplikasi TraceTogether Ganti Nama jadi Peduli Lindungi}

ID anonim tersebut akan berguna ketika pihak rumah sakit ingin melacak mobilitas pasien positif Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Indonesia yang ponselnya sudah memiliki aplikasi Peduli Lindungi.

Rumah sakit tinggal melihat siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan pasien dan petugas akan menghubungi orang-orang tersebut untuk segera mengecek apakah terinfeksi virus corona atau tidak. (NM/MF)

SOURCEPeduliLindungi
Previous articleAmerika Serikat Setuju Blokir Pasokan Chip ke Huawei
Next articleSitus Ini Tunjukkan “Kerepotan” Negara-negara yang Hadapi Covid-19

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here