Cara Mudah Root Perangkat Android

Telset.id – Rooting pada Android merupakan proses yang sama dengan jailbreak pada iOS.  Itu artinya, Anda bisa membuka OS untuk memasang aplikasi, menghapus bloatware, memperbaharui OS, mengganti firmware, overclock (atau underclock) prosesor, dan melakukan hal lainnya.

Tentu saja bagi beberapa pengguna, hal ini terdengar seperti proses yang menakutkan dan berisiko. Memang, hal ini penuh risiko karena jika salah satu proses saja salah, ponsel kita akan rusak.

Namun saat ini proses root lebih mudah karena adanya aplikasi root yang hanya sekali klik yaitu KingoRoot. Aplikasi ini gratis dan dapat bekerja dengan baik meskipun tidak semua perangkat dapat menggunakan aplikasi ini. Kami mencoba Kingo pada Virgin Mobile Supreme dan Asus Nexus 7.

Proses yang dilewati sangat mudah dan cepat. Baru-baru kami mencobanya pada OnePlus One dan berhasil. Namun ketika kami mencobanya di Samsung Galaxy S6, aplikasi tidak dapat bekerja dengan baik. Jadi sebelum melakukannya, ada baiknya untuk melihat daftar perangkat yang kompatibel dengan aplikasi ini.

Versi Aplikasi Android

Cara termudah untuk menggunakan KingoRoot adalah dengan memasang versi aplikasinya yang artinya kita bisa nge-root ponsel hanya sekali klik saja. Bahkan, satu-satunya bagian yang rumit pada proses ini adalah KingoRoot tidak tersedia di Google Play Store, jadi Anda harus mengunduhnya secara manual disini.
kingoroot-android-with-borderJika sudah diunduh, pasang aplikasi tersebut di Android Anda. Sekarang Anda tinggal jalankan aplikasi ini kemudian klik One Click Root. Jika semua berjalan dengan baik, perangkat Anda akan dalam kondisi root hanya dalam waktu 60 detik saja (pada Galaxy S6, proses hanya sampai 90%, kemudian ponsel crash dan reboot. Untungnya tidak terjadi masalah apa-apa).

Versi Dekstop

Selain versi Android, terdapat pula versi dekstopnya. Caranya adalah sebagai berikut:
kingo-root-no-adware

Langkah 1: Unduh dan install KingoRoot for Windows, pastikan Anda uncheck opsi Install Yahoo powered Chromium browser kemudian klik Decline untuk mencegah adware masuk.

Langkah 2: Aktifkan USB Debugging pada ponsel.
android-enable-usb-debugging

Langkah 3: Jalankan KingoRoot pada PC, kemudian hubungkan ponsel ke PC menggunakan USB. Tunggu beberapa saat hingga muncul Allow USB debugging? Kemudian klik Always allow from this computer, lalu tekan OK.
kingo-root-start

Langkah 4: Pada PC, klik Root, kemudian tunggu beberapa saat. Pada kasus Galaxy S6 yang kami coba, proses terhenti sampai 70% kemudian crash dan reboot dan beruntungnya tidak terjadi apa-apa dengan perangkat ini.

Jika kita ingin unroot ponsel, jalankan aplikasinya kembali, hubungkan ponsel, kemudian klik Remove Root (sama halnya dengan versi aplikasi). Mudah kan?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -