Android Anda Banyak Virusnya? Begini Cara Menghapusnya!

Telset.id – Jika Android Anda mulai terasa makin lambat, cobalah untuk menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan. Terutama aplikasi yang terindikasi menanamkan virus ke dalam smartphone Anda.

Biasanya, virus yang hadir di Android kita berasal dari aplikasi pihak ketiga yang diinstall secara sengaja ataupun tidak sengaja. Jadi, jika tidak ingin ada virus di ponsel kita, cara terbaik adalah dengan tidak memasangkan aplikasi diluar yang tersedia di Google Play Store. Namun jika hal itu telah terjadi dan ponsel kita terkena virus, hal pertama untuk menghapusnya adalah dengan masuk ke Safe Mode untuk menghapus aplikasi yang terindikasi membawa virus ke smartphone kita. Tidak bisa juga? Satu-satunya cara adalah melakukan reset ulang ponsel pintar kita untuk membersihkan infeksi yang ada di dalamnya.

Masuk ke Safe Mode

Dengan masuk ke mode aman (safe mode), kita dapat mencegah aplikasi pihak ketiga yang berjalan termasuk malware. Pada banyak perangkat Android, cara untuk masuk ke mode tersebut adalah dengan menekan tombol Power untuk mengakses opsi Power Off, lalu tekan dan tahan opsi tersebut untuk nantinya ponsel akan restart dan masuk ke Safe Mode. Jika cara tersebut tidak bisa, cari di Google ‘How to put [nama model ponsel] into Safe Mode’ dan ikuti instruksinya. Ketika Safe Mode berjalan, Anda akan melihat tulisan Safe Mode di pojok kiri bawah layar. 

Buka Daftar Aplikasi

Setelah masuk ke mode aman, masuk ke Settings dan pilih Apps, kemudian pastikan untuk melihat tab Downloaded. Jika Anda tidak tahu nama dari virus yang menginfeksi ponsel, lihat satu persatu aplikasi yang menurut Anda mengganggu atau tidak berjalan dengan semestinya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -