Cara Install Gcam di Samsung Galaxy S22, S22+ dan S22 Ultra

Telset.id – Tak usah diragukan, Samsung Galaxy S22 Series memiliki spesifikasi kamera yang menjanjikan. Namun karena ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 1, biasanya akan muncul satu pertanyaan dari para pengguna yang suka ngoprek, apakah ada cara untuk install Google Camera alias GCam di Samsung Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra?

Di atas kertas, spesifikasi kamera dari Samsung Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra memang mumpuni. Apalagi ketiga kamera ini didukung oleh chip ISP terbaru dari prosesor Snapdragon 8 Gen 1.

Samsung Galaxy S22 dan S22+ mengusung kamera utama dengan sensor 50MP yang dilengkapi OIS, kamera ultrawide 12MP, serta kamera telephoto 10MP dengan OIS berkemampuan 3x optical-zoom. Di depan, terdapat kamera 10MP untuk kebutuhan selfie.

Sedangkan Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki spesifikasi kamera dengan kualitas pencitraan yang jauh lebih baik.

Baca juga: Tips Bikin NFT di Samsung Galaxy S22 Ultra

Kamera utamanya menggunakan sensor 108MP yang didukung OIS, kamera ultrawide 12MP, kamera telephoto 10MP dengan OIS yang punya perbesaran 3x, serta kamera periskop 10MP dengan OIS yang punya perbesaran sampai 10x. Sementara di depan, terdapat kamera selfie 40MP.

Lantas, apakah Samsung Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra bisa dipasangkan dengan aplikasi kamera pihak ketiga seperti Google Camera? Tentu saja bisa, sob.

Kali ini, tim Telset akan membagikan cara untuk pasang GCam atau Google Camera di Samsung Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra. Yuk simak tutorialnya di bawah ini!

Baca juga: 3 Kelebihan Kamera Samsung Galaxy S22 dan S22+

Cara Install GCam di Samsung Galaxy S22 Series

Cara install GCam Google Camera Samsung Galaxy S22 Ultra

Bagi para tukang ngoprek, daya tarik aplikasi Google Camera adalah ketersediaan fitur HDR+ yang dapat aktif untuk setiap pengambilan gambar. Namun di ketiga HP terbaru Samsung, fitur ini sudah bisa ditemukan.

Adapun fitur andalan dari Google Camera yang bisa Anda coba seperti Zoom Super Res, AR Emoji, Google Lens, TimeLapse, Slow-Motion, mode Astrophotography, sampai Photosphere.

Hanya saja, Google Camera cuma dapat digunakan pada perangkat Google Pixel saja. Untungnya, ada modder yang meracik aplikasi Google Camera versi mod yang kompatibel dengan smartphone di luar Google Pixel.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S22 Ultra

Tentu saja, saat menggunakan aplikasi di ponsel yang bukan dari seri Google Pixel, selalu ada kemungkinan beberapa fitur tidak berfungsi. Oleh karenanya, mod GCam ini biasanya berbeda-beda versinya tergantung tipe ponsel yang akan menggunakannya.

Dilansir Telset dari Gizchina, ada mod APK Google Camera dan tips memasangnya di HP flagship terbaru Samsung. Berikut tutorial lengkapnya:

Catatan: Lakukan hal ini dengan risiko ditanggung sendiri.

1. Pertama, Anda harus download salah satu dari APK GCam di bawah ini. Aplikasi tersebut sudah kompatibel dengan Samsung Galaxy S22 Series.

PXv8.1_GCam-v1.2 for Samsung Galaxy S22

GCam 7.3.018 version 2.5 for Samsung Galaxy S22

GCam 7.3.018 version 2.4 for Samsung Galaxy S22

GCam 7.3.018 version 2.2 for Samsung Galaxy S22

GCam 7.3.021 for Samsung Galaxy S22

GCam_6.1.021_Advanced_V1.4.032219.1950 for Samsung Galaxy S22

GCam by Arnova8G2 for Samsung Galaxy S22

2. Setelah Anda mengunduhnya, cara selanjutnya untuk install GCam atau Google Camera di Samsung Galaxy S22 Sereies adalah mengizinkan pengaturan Installation from the Unknown Sources pada pengaturan Privacy ponsel.

3. Install APK yang telah Anda download.

4. Buat Anda yang menggunakan tipe APK dari Arnova, buat folder config di dalam folder GCam, kemudian masukkan file config ke dalamnya. Jika tidak ada, buat manual folder GCam tersebut.

5. Sekarang, buka aplikasi Google Camera, tekan dua kali di area berwarna hitam. Pilih file config yang Anda download, kemudian tekan Restore.

6. Aplikasi kamera pun akan melakukan restart, lalu Anda siap menggunakannya.

Selesai! Sekarang Anda dapat menggunakan aplikasi GCam atau Google Camera di Samsung Galaxy S22 Series dengan cara yang mudah. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0