5 Cara Foto Bokeh di Smartphone Pakai Single Kamera

Cara Foto Bokeh Single Kamera

Telset.id – Fotografi bokeh atau potrait di smartphone memang sangat asyik dan menjadi tren belakangan ini. Apalagi dengan smartphone dual kamera yang telah menjamur. Sayangnya foto bokeh atau potrait memang baru hanya bisa dilakukan pada smartphone yang telah mengusung dual kamera atau lebih. Tetapi sebenarnya ada cara untuk pengguna smartphone dengan single kamera agar bisa mengambil gambar foto bokeh.

Untuk mengambil foto bokeh menggunakan single kamera bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari yang mudah sampai yang advance. Mulai dari menggunakan mode Expert, menginstal aplikasi tambahan, atau dengan trik fotografi dengan tools sederhana.

Berikut ini Tim Telset.id akan memberikan sedikit tips cara untuk mengambil foto bokeh menggunakan smartphone dengan single Kamera. Apa saja caranya, simak tipsnya berikut ini.

{Baca juga: Harus Ada, Ini 5 Fitur Wajib Kamera Smartphone Kekinian}

Mendekat ke Objek

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengambil foto bokeh pada smartphone Android dengan single kamera yaitu dengan mendekat kepada objek.

Dengan mendekatkan kamera ke objek utama, maka secara otomatis sensor akan memusatkan fokus pada objek yang ada di depan. Sehingga objek yang ada di bagian belakang akan menjadi blur. Perlu diperhatikan pula agar tidak mengambil foto dengan backround yang telalu ramai, sehingga akan mengurangi efek bokeh itu sendiri.

Pakai Aplikasi GCam

Cara lainnya yang dapat digunakan untuk mengambil foto bokeh pada smartphone dengan single camera yaitu dengan menggunakan aplikasi GCam.

 Cara Foto Bokeh Single Kamera - GCam

Pada aplikasi GCam, terdapat fitur Lens Blur yang dapat kamu manfaatkan untuk mengambil foto bokeh. Pada dasarnya aplikasi ini akan mengambil gambar dua kali untuk menciptakan layer fokus dan blur pada gambar. Namun aplikasi GCam hanya mendukung di smartphone-smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon.

Atur Fokus Manual

Kamu juga bisa mengambil gambar dengan efek bokeh menggunakan mode expert pada kamera kamu, apalagi jika kamu pengguna smartphone kelas menengah atas yang memang masih belum dibekali dual camera.

Dengan mengatur fokus secara manual, kamu bisa mendapatkan fokus yang lebih tajam untuk jarak dengan objek yang dekat, sehingga objek yang ada dibagian belakang akan menjadi blur.

Edit dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara lain yang bisa kamu coba untuk membuat foto bokeh di smartphone single kamera adalah dengan menggunakan filter blur. Filter blur sebenarnya sudah ada sejak lama, namun biasanya hanya menawarkan pilihan blur yang sederhana seperti straight blur dan linear blur.

Beberapa aplikasi edit foto terbaru memungkinkan pengguna untuk menciptakan blur dengan lebih sepsifik, dimana pengguna bisa menentukan area blur dan fokus secara manual. Seperti misalnya di aplikasi PicsArt, Blur Maker dan juga Afterfocus.

{Baca juga: Cara Tambahkan Watermark pada Foto di Smartphone Android}

Pakai Background Bokeh

Cara terakhir yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan efek bokeh iyalah dengan menggunakan background bokeh. Caranya bagaimana? Yaitu dengan menggunakan foto dengan tampilan bokeh yang diletakan dibelakang objek yang ingin kamu foto.

Misalnya, seperti yang kami lakukan berikut ini, yaitu meletekan objek foto berada di belakang layar laptop dengan gambar background bokeh. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan foto bokeh dengan hasil yang sangat maksimal. Kamu tentunya juga bisa menggunakan berbagai macam background sesuka hati.

 Cara Foto Bokeh Single Kamera - Background Bokeh

Selain layar PC/laptop, kamu bisa menggunakan backround lain seperti foto untuk menciptakan efek backround seara manual dengan single kamera. Keren kan!

Itulah tadi lima cara untuk mengambil foto bokeh pada smartphone dengan single kamera. Jadi tak perlu khawatir, kamu bisa mengakali keterbatasan di smatphone kamu untuk bisa berkreasi tanpa batas.

Selain itu kamu juga harus mengetahui beberapa trik agar foto bokeh kamu terlihat semakin maksimal seperti yang telah kami ulas di artikel di bahwa ini.

{Tips Foto Bokeh dengan Smartphone, Biar Lebih Maksimal}

Tapi sebenarnya saat ini kamu tidak perlu repot-repot menggunakan single camera untuk mengambil foto bokeh. Karena sudah banyak smartphone yang menawarkan dual kamera bahkan lebih, dengan harga yang sangat terjangkau.

Kamu bisa melihat daftar rekomendasi kami berikut ini yang mungkin bisa menjadi referensi. Simak artikelnya berikut ini.

 

Previous articleHonor Watch Magic akan Hadir di Indonesia, Harga Terjangkau!
Next articleXiaomi Kasih Diskon Menggiurkan di Promo #Bulan1000Kejutan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here