Yuk, Simak Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11

Telset.id – Wacana dibukanya program Kartu Prakerja gelombang 11 tahun 2020 memang masih belum jelas. Tapi, calon peserta harus mempelajari cara untuk daftar program Kartu Prakerja gelombang 11 melalui situs resmi supaya tidak kesulitan saat mendaftar.

Menurut Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, dibukanya pendaftaran program pemerintah masih menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja (KCK) yang dipimpin Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

“Gelombang 10 ini menuntaskan kuota tahun 2020. Apakah akan ada gelombang tambahan itu tergantung keputusan KCK. Masih menunggu arahan,” kata Louisa.

Perlu diketahui, Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pembinaan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang belum memiliki keterampilan.

Selain itu, peserta juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3,55 juta dengan rincian Rp 1 juta dalam bentuk voucher pelatihan dan Rp 2,4 juta atau Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan yang akan diberikan setelah pelatihan selesai.

{Baca juga: Cara Dapatkan Kuota Belajar Telkomsel 10GB Seharga Rp 10}

Lalu, ada Rp 150 ribu yang diberikan setelah peserta melakukan pengisian survei sebanyak 3 kali survei. Pada Kartu Prakerja gelombang 9, kuota peserta sebesar 800 ribu peserta.

Walaupun masih belum jelas kapan dibukanya, mempelajari cara daftar Kartu Prakerja gelombang 11 melalui situs resmi sangatlah penting. Oleh karenanya, tim Telset.id akan memberikan tips berupa cara daftar Kartu Prakerja gelombang 11 tahun 2020. Yuk simak!

Syarat Peserta Kartu Prakerja

Tidak semua orang bisa mendaftarkan diri di program ini. Terdapat 3 syarat utama bagi peserta Kartu Prakerja. Berikut ini ketiga syarat tersebut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia di atas 18 tahun
  • Tidak sedang sekolah/kuliah

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11

  • Akses situs resmi melalui browser di smartphone atau PC Anda.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11

  • Pilih Daftar Sekarang, dan isi alamat email serta password untuk membuat akun. Selanjutnya, klik Daftar di bagian bawah.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11

  • Cek email Anda untuk konfirmasi akun.
  • Lakukan login seperti biasa. Kemudian, isi data diri, nomor Kartu Keluarga (KK), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Lalu, klik Berikutnya.
  • Lengkapi data diri dengan mengunggah foto resmi. Lakukan verifikasi nomor ponsel, dan klik Kirim.
  • Anda selanjutnya akan mendapatkan OTP. Masukkan OTP, dan klik Verifikasi.
  • Di sini, Anda diwajibkan untuk mengisi pernyataan pendaftar dan mengikuti tes motivasi. Tak lupa, Anda pun harus ikut tes kemampuan dasar secara online.
  • Disarankan untuk menyiapkan kertas dan alat tulis saat mengikuti tes.

{Baca juga: Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 9, Peserta Terbatas!}

  • Lalu, tunggu hasil tes. Jika sudah keluar, silakan pilih gelombang yang diinginkan dan klik Gabung
  • Terakhir, isi beberapa pernyataan dan tahapan pendaftaran selesai. Anda tinggal menunggu SMS dari penyelenggara program yang berisi informasi apakah Anda lulus atau tidak dalam tahapan daftar Kartu Prakerja gelombang 11.

Selamat mencoba dan sukses! (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here