telset

Cara Cek HP Android & iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp

Telset.id – Mulai hari ini, Senin 1 November 2021, WhatsApp tidak akan lagi memberikan update dukungan untuk beberapa HP Android dan iPhone lawas. Nah, kami akan memberikan tips untuk mengetahui HP Anda masih masih bisa menggunakan WA atau tidak.

Untuk diketahui, bagi Anda yang ponselnya masuk dalam daftar akan kehilangan semua obrolan chat jika belum dicadangkan dan diekspor.

WhatsApp juga merekomendasikan pengguna untuk beralih ke perangkat yang lebih baru dan masih didukung pembaruan untuk bisa terus menggunakan layanan pesan instan tersebut.

Perangkat yang menjalankan Android 4.1 dan yang lebih baru termasuk di antara daftar perangkat yang didukung pembaruan aplikasi. WhatsApp juga mendukung iOS yang lebih baru serta sistem operasi KaiOS.

Baca juga: Daftar HP yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp per 1 November 2021

Melalui halaman FAQ yang diperbarui, WhatsApp telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi mendukung ponsel yang menjalankan Android 4.0.4 dan versi yang lebih lama mulai Senin (4/11).

Pengguna yang masih menggunakan ponsel Android jadul, disarankan untuk beralih ke perangkat yang lebih baru, dan menyimpan riwayat obrolan mereka sebelum tenggat waktu yang sudah ditentukan.

Lantas, bagaimana cara memeriksa apakah WhatsApp sudah mengakhiri dukungan untuk perangkat Android Anda?

Nah, buat Anda yang belum tahu, Anda dapat memeriksa apakah WhatsApp mengakhiri dukungan untuk perangkat Android Anda dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara Cek di HP Android

  1. Masuk ke menu > Setting/ Pengaturan
  2. Pilih menu > About Phone/ Tentang Ponsel
  3. Lalu, lihat di bagian informasi Android Version/ Versi Android
  4. Anda bisa cek versi Android yang digunakan HP Anda.
  5. Jika Android 4.0.4 atau yang lebih lama, berarti ponsel Anda dipastikan tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp per 1 November 2021.

HP Android iPhone WhatsApp

Cara Cek di iPhone

  1. Masuk ke menu > Setting/ Pengaturan
  2. Kemudian masuk ke menu > General/ Umum
  3. Pilih > About/ Tentang
  4. Setelah itu akan muncul informasi versi iOS iPhone Anda.
  5. Jika versi iOS iPhone adalah iOS 9, berarti HP Anda tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp per 1 November 2021.

Jika HP Anda termasuk perangkat yang tidak bisa lagi menggunakan WA, sebaiknya Anda harus segera mengekspor riwayat obrolan chat dengan mengambil cadangan obrolan Anda atau dengan mengekspor obrolan individu atau grup yang terpisah.

Untuk melakukannya, Anda bisa masuk ke menu > Settings/ Pengaturan > Chat/ Obrolan > Chat backup/ Cadangan obrolan > Back up from the WhatsApp settings/ Cadangkan dari pengaturan WhatsApp.

Baca juga: Pengguna WhatsApp akan Bisa Atur Ukuran Backup Data

Anda juga dapat mengekspor obrolan individu atau grup dengan membuka obrolan itu dan mengetuk menu tiga titik dari sudut kanan atas layar Anda. Anda sekarang harus mengetuk More/Lainnya > Export chat/Ekspor obrolan.

WhatsApp juga akan membiarkan Anda memilih apakah Anda ingin mengekspor obrolan Anda bersama dengan file media seperti audio, gambar, dan video yang Anda terima dalam obrolan atau tanpa file media apa pun.

WhatsApp sudah merilis daftar HP yang tidak bisa pakai WA di 2021 yang tidak lagi bisa menggunakan layanan WhatsApp, mulai 1 November 2021. Anda bisa lihat daftarnya untuk memastikan ponsel yang Anda gunakan masuk ke dalam daftar tersebut atau tidak. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0