Cara Bikin Foto dan Video Sekelas DSLR Menggunakan iPhone

Telset.id – Saat ini, kebanyakan pengguna iPhone lebih memilih ponselnya untuk mengambil foto atau video dibanding menggunakan DSLR. Kamera yang disematkan pada smartphone saat ini juga terus mengalami perbaikan dan peningkatan dari para pembuatnya. Kali ini, Tim Telset.id akan memberikan cara ampuh untuk memaksimalkan pengambilan foto dengan menggunakan kamera iPhone. Check this out!

Menambah Lensa

Tidak peduli berapa megapixel kamera yang disematkan pada ponsel Anda, tetap saja  Anda hanya dapat menggunakan satu lensa saja untuk berfoto. Hanya beberapa smartphone saja yang memiliki lensa zoom seperti Samsung Galaxy K Zoom. Tentu Anda mengharapkan iPhone kesayangan juga memiliki Zoom seperti Galaxy K Zoom kan?

Mungkin saja Anda sebelumnya tidak menyadari bahwa iPhone juga dapat ditambahkan lensa tambahan seperti lensa wide-angle, macro, fisheye, dan telephoto. Bahkan, Anda bisa mendapatkan Miniatur Circular Polarisers, sehingga memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak efek tanpa menggunakan software tambahan.

How to take better photos on iPhone

Olloclip menghadirkan lensa tambahan untuk semua model iPhone, termasuk iPhone 6 dan 6 Plus. Memang harganya tidak murah, namun hasilnya boleh dibandingkan dengan DSLR. Dengan menggunakan Olloclip, foto yang dihasilkan sangatlah baik dan tajam.

iPhone 6 dan 6 Plus misalnya, Olloclip model 4 in 1 dapat bekerja dengan sangat baik untuk kamera belakang maupun depan, jadi kita dapat menggunakan lensa wide-angle untuk mengambil foto “grouphie” tanpa membutuhkan tongsis. Ketika kita membuka tutup lensa dari wide-angle atau fisheye, terdapat lensa makro yang menawarkan 10x dan 15x pembesaran. Biaya yang dibutuhkan untuk lensa ini adalah sekitar Rp 900 ribuan.

Versi teranyar dari Olloclip adalah Active Lens yang menawarkan lensa ultra-wide dan telephoto. Lensa ini dibandrol £89.99 di Amazon.

Ingin pilihan bagus lainnya? Gunakan sebuah adaptor untuk memasangkan lensa 35mm milik Anda ke iPhone. Banyak adaptor yang tersedia misalnya Turtleback DOF dan Photojojo yang hanya bekerja untuk iPhone 4 dan 4S. Memang, memasangkan lensa 35mm tidaklah mudah dan memerlukan casing khusus untuk iPhone. Pilihan ini tidak ditujukan untuk semua orang, namun ditujukan untuk penggila fotografi yang ingin mengambil foto berkelas ala DSLR.

How to take better photos on iPhone

Jika budget tidak mendukung dan ingin mengambil foto makro yang lebih baik, kami memberikan pilihan lainnya yaitu menggunakan Magnif-eye. Dengan harga sekitar Rp 100 ribuan, memang foto yang dihasilkan tidak sebagus lensa makro milik Olloclip, namun dengan harga yang ditawarkan, tentu tidak membuat Anda rugi kan?

How to take better photos on iPhone - Magnif-eye

How to take better photos on iPhone - Magnif-eye

Rekam Video Berkualitas dengan iPhone

iPhone 5S, 6 atau 6 Plus dapat mengambil video slo-mo. Tidaklah sulit untuk mengambilnya, hanya tahan saja iPhone Anda agar tidak bergerak untuk beberapa saat saja. Namun di iOS 8, mode time-lapse memerlukan tripod untuk menghindari getaran saat kita memegang ponsel.

How to take better photos on iPhone

Jika tripod terlalu mahal untuk Anda, gunakanlah alas atau penahan agar ponsel tidak bergerak, namun kami sarankan untuk “berinvestasi” sedikit untuk membeli tripod yang standard agar hasil video pun memuaskan.

Gunakan Aplikasi Pendukung

Menggunakan aplikasi kamera dari Apple merupakan ide yang buruk, cobalah untuk menggunakan aplikasi kamera lainnya seperti Camera+ yang menawarkan fitur dan kontrol yang lebih banyak.

How to take better photos on iPhone

Sebagai contoh, Anda dapat memilih separate focus dan exposure points, fokus secara manual dan bahkan memilih kecepatan pengambilan. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menjadi lebih kreatif untuk mengambil sebuah foto agar tampak lebih baik. Harga untuk aplikasi ini adalah sekitar Rp 20 ribuan untuk setahun, namun ini merupakan aplikasi jagoan untuk mengambil foto.

Untuk mengambil video, cobalah aplikasi Filmic Pro. Aplikasi ini menawarkan kontrol manual secara keseluruhan agar pengambilan video pun dapat menjadi lebih bagus.

How to take better photos on iPhone

Dihargai Rp 70.000, tidak terlalu rugi bagi Anda yang mementingkan kualitas video kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here