5 Cara Efektif Bikin Baterai Smartphone Android Lebih Awet

Smsung Wireless Charger Trio

Telset.id, Jakarta  РKira-kira, apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan atau membuat baterai smartphone awet? Ada begitu banyak saran berbeda mengenai hal tersebut.

Dalam tulisan kali ini, Tim Telset.id akan coba memberitahu 5 cara efektif untuk memperpanjang masa pakai baterai smartphone Android Anda. Anggap saja ini sebagai tips untuk menghemat daya baterai smartphone Anda.

{Baca juga: 8 Trik Charge Baterai Smartphone dengan Cepat}

Namun begitu, ada satu hal yang perlu Anda catat. Lima cara efektif menghemat daya baterai di bawah ini paling tepat diterapkan untuk smartphone dengan sistem operasi Android 10 terbaru atau lebih rendah.

1. Uninstall Aplikasi Tak Perlu

Hampir setiap pengguna smartphone Android punya aplikasi yang terpasang dan sering aktif meski tak digunakan sehingga menguras daya baterai. Sebaiknya, Anda segera menghapusnya atau uninstall.

Tak jarang pula, pengguna smartphone Android memasang aplikasi tambahan hanya demi terkesan kerean. Misalnya, aplikasi Lockscreen atau aplikasi pembaca berita yang tidak pernah Anda buka. Hapus saja!

2. Sesuaikan Kecerahan Layar

Anda cukup aktifkan Adaptive Brightness di smartphone Android untuk mengoptimalkan masa pakai baterai yang dikonsumsi layar.

Kemudian Anda bisa membuka Settings, dan selanjutnya arahkan ke menu Display untuk menemukan opsi.

3. Isi Daya Baterai dengan Cara Benar

Sebuah studi menemukan fakta bahwa Anda seharusnya tidak membuat perangkat tetap terhubung saat baterai telah terisi penuh.

Begitu pun sebaliknya, Anda membiasakan diri untuk sampai menunggu daya baterai nol, baru kemudian melakukan pengisian ulang. Hal ini bisa membuat baterai cepat rusak.

4. Nonaktifkan WiFi/Data Seluler/Bluetooth

Jangan khawatir, Anda tidak harus kembali ke zaman batu. Tetapi, membiasakan diri mematikan data seluler, WiFi, atau Bluetooth ketika sedang tidak butuh cukup membantu menjaga daya baterai smartphone.

5. Nonaktifkan Notifikasi

Terkadang kita cenderung mengabaikan setiap notifikasi aplikasi di smartphone. Padahal, notifikasi terus muncul tanpa henti. Suara dan getaran setiap ada notifikasi terus menguras daya baterai perangkat Anda.

Anda dapat mulai mengelola notifikasi untuk menghemat banyak daya baterai. Misalnya, Anda dapat mencoba menonaktifkannya selama periode tidak diperlukan. Atau, Anda bisa mengaturnya ke mode hening.

{Baca juga: 5 Smartphone Android dengan Baterai Jumbo}

Cobalah lima cara efektif di atas guna membuat daya baterai smartphone Android Anda lebih hemat. Kalau ternyata lima cara tersebut tak mempan, Anda mungkin perlu membeli baterai baru di toko-toko terdekat. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

 

Previous articleManusia Ternyata Bisa Hidup dengan Separuh Otak?
Next articleBos Xiaomi Indonesia Blak-blakan Penyebab Fenomena “Ponsel Ghoib”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here