Cara Aman dan Legal Download Game PC Gratis di Internet

Cara Download Game PC Gratis

Telset.id, Jakarta – Kebanyakan dari Anda pastinya senang bermain game di PC sebagai sarana hiburan. Apalagi game PC tersebut bisa diunduh secara gratis di internet. Meski gratis, tidak ada jaminan bahwa game PC yang Anda download gratis tersebut aman.

So, kali ini tim Telset.id akan membagikan cara dari Kaspersky agar Anda bisa download game PC gratis dengan aman. Yuk simak tipsnya berikut ini:

Download Game PC Gratis dari Sumber Terpercaya

Saat ini, semakin banyak game muncul setiap tahunnya. Posisi dominan pasar Steam telah mendorong Origin, uPlay, Epic Games Store, dan lainnya untuk mencoba mengembangkan layanan mereka sendiri.

Dan banyak para pengembang independen ingin menjual game langsung di situs mereka sendiri untuk menghindari pembayaran komisi penjualan ke toko.

{Baca Juga: Game Hitman Gratis di Epic Games, Buruan Download!}

Oleh karena itu, beberapa pemain sudah terbiasa dengan gagasan bahwa tidak ada salahnya download game PC gratis langsung dari situs web acak, bahkan jika mereka belum pernah mengunjunginya.

Memilah-milah penawaran yang beragam bisa membingungkan, situasi seperti inilah yang dieksploitasi oleh para scammers di internet. Misalnya, para scammers memikat gamer ke situs phishing, tempat mereka mendistribusikan malware yang terlihat seperti game PC terbaru atau untuk dimainkan secara gratis, seperti Fortnite.

Jadi, jika Anda diminta untuk mengunduh sesuatu dari situs yang tidak dikenal, jangan pernah terperangkap dalam tipu daya tersebut. Selain itu, jangan pernah mengklik tautan dari orang asing bahkan satu klik pada URL dapat mengunduh beberapa hal berbahaya.

Masukkan URL Alamat Toko Game Secara Manual

Tautan yang mengklaim mengarah ke situs resmi tidak akan selalu membawa Anda ke sana. Jika seseorang menulis posting di forum yang mengklaim bahwa Anda dapat download game PC Battlefield gratis dari toko orisinil, berhati-hatilah sebelum memasukkan nama pengguna dan kata sandi pada halaman apa pun yang dibuka tautan tersebut.

{Baca Juga: Update PUBG Mobile 1.0 Bakal Ada Perombakan Besar, Apa Saja?}

Situs tersebut mungkin saja palsu, kemudian dihosting di alamat yang sangat mirip dengan toko asli. Para peretas ini ingin mengumpulkan informasi login dan membajak akun Anda.

Secara umum, meskipun tawaran di forum tampak tidak mencurigakan, itu masih bisa menjadi tipuan. Cara terbaik adalah menggunakan klien resmi toko game atau memasukkan URL di bilah alamat browser Anda secara manual.

Cari Developer dan Publisher Terpercaya

Bahkan studio kecil pun dapat merilis sebuah game yang tren secara global, sehingga para pemain dapat tertarik kepada pengembang baru. Pelaku kejahatan siber yang menyamarkan malware di tempat pengembang baru ingin memanfaatkan kesempatan ini.

Oleh karena itu, sebelum mengunduh apa pun, carilah informasi tentang proyek tersebut di Internet terlebih dahulu. Jika pengembang mengalami masalah keamanan, kemungkinan besar Anda akan menemukan berita terkait di media game dan forum. Dan selanjutnya akan membawa kita ke tip berikutnya

Biasakan Baca Review Sebelum Download Game PC Gratis

Pada tahun 2018, pengembang game Abstractism, yang telah lulus moderasi di Steam, tertangkap basah menambang cryptocurrency di komputer pengguna. Ialah para gamer yang mengekspos skema tersebut, setelah menyadari bahwa program terkait menjadi sumber berbahaya.

{Baca Juga: Ini 5 Tipe Pemain MOBA, Kamu yang Mana?!}

Bahkan sebelum administrator platform mengetahui insiden penipuan, ulasan yang diberikan oleh pemain yang marah telah menurunkan peringkat game tersebut. Jadi, pastikan untuk membaca ulasan sebelum menginstal game. Jika sebuah game mendapatkan banyak kritik, itu menjadi tanda bagi Anda untuk tidak melanjutkannya.

Jangan Matikan Antivirus

Sangat sulit untuk menjadi selalu waspada. Namun, atas alasan apa pun, Anda dapat mengandalkan solusi keamanan yang andal untuk memerangi malware dan pelaku kejahatan siber.

Antivirus dapat mendeteksi situs web palsu sebelum menyebabkan kerusakan, memindai file instalasi, memblokir aktivitas yang mencurigakan, dan melindungi data paling berharga.

Beberapa gamer menonaktifkan perlindungannya karena menurut mereka hal itu akan membantu memaksimalkan performa game. Kenyataannya, itu merupakan ide yang buruk, terutama karena saat menonaktifkan solusi antivirus, perlindungan bawaan Windows akan bekerja, dan akan menghabiskan sebagian sumber daya komputer Anda.

Sebaliknya, beberapa solusi pihak ketiga, seperti Kaspersky Security Cloud, menawarkan mode permainan di mana perangkat lunak antivirus meringankan beban pada CPU selama bermain game. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here