Begini Cara Backup Pesan WhatsApp

Cara Backup Pesan WhatsApp

Telset.id – WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi chatting populer di Indonesia. Bisa dibilang, WhatsApp menjadi pengganti yang pantas untuk pengiriman pesan teks lewat SMS.

Karena populer, tentu banyak pengguna smartphone yang gunakan aplikasi ini untuk saling berkomunikasi dengan teman, keluarga, rekan kerja, dan lainnya.

Nah, karenanya tentu sangat penting bagi kita untuk mem-backup pesan WhatsApp agar informasi atau percakapan penting hilang begitu saja, ketika sesuatu hal yang tak diinginkan terjadi pada kita.

Seperti misalnya karena smartphone yang tiba-tiba mati total, hilang, dan lainnya atau ketika Anda mengambil keputusan untuk berganti smartphone.

Untuk itu, kali ini tim Telset.id akan berikan cara backup pesan WhatsApp dengan mudah sehingga Anda bisa me-restore pesan tersebut kapanpun Anda mau. Yuk simak caranya!

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi WhatsApp. Di halaman percakapan, tekan tombol tiga titik bertumpuk di kanan atas layar, kemudian tekan tombol Settings.

  • Selanjutnya, tekan tombol Chats di halaman pengaturan ini dan kemudian tekan tombol Chat Backup.
  • Melalui fitur Chat Backup, penggunanya mampu menyimpan semua percakapan yang ada, termasuk pesan teks, gambar, video, hingga pesan suara ke penyimpanan Google Drive mereka. Sebelum melakukan backup, pilih tombol Account dan pilih akun Google untuk menyimpan percakapan WhatsApp. Jika belum memilikinya, tekan opsi Add Account.

  • Jika sudah, sekarang tekan tombol Backup. Tunggu beberapa saat hingga proses backup selesai. Perlu diingat, untuk melakukan backup, kami sarankan Anda untuk menggunakan koneksi WiFi ataupun jika tidak mendapatkannya, gunakan koneksi selular Anda asalkan koneksi tersebut stabil.
  • Agar tidak ribet untuk menekan tombol Backup terus menerus, sebaiknya Anda gunakan opsi Daily di bagian Backup to Google Drive agar proses tersebut berulang tiap hari. Selain opsi Daily, ada opsi lainnya kok seperti Weekly, Monthly, bahkan Never dan Only when I tap “backup”.

Bagaimana mudah kan menyimpan pesan WhatsApp? Sebaiknya segera backup pesan Anda untuk berjaga-jaga jikalau ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi. (FHP)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here