Begini Cara Tangkal Spam Masuk ke Email

Telset.id – Spam merupakan hal yang mengganggu kita saat sedang mengakses email. Memang sampai saat ini belum ada yang bisa menghentikan spam sepenuhnya. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memfilter sebagian besar atau bahkan beberapa pesan yang sama sekali tidak menguntungkan bagi kita.

Email client kita (program atau layanan berbasis cloud yang digunakan untuk mengakses dan mengirim email) hampir pasti menyaring spam untuk kita, memisahkan email mencurigakan ke folder tersendiri. Namun masih tidak sempurna untuk menghapusnya. beberapa spam telah memperdayai filter pada email kita untuk dapat masuk ke kotak masuk dan malah membuat pesan yang seharusnya penting, masuk ke folder spam.

Ingin terhindar dari Spam? Yuk ikuti beberapa cara yang akan Tim Telset.id berikan di bawah ini. Ya meskipun kita tidak dapat menghilangkannya sepenuhnya, tapi kita bisa menguranginya.

1. Latih Filter pada Email

Ketika Anda menemukan spam pada kotak masuk di email, jangan hapus email tersebut, tapi pilih emailnya dan beritahu pada email client bahwa pesan ini adalah spam. Bagaimana caranya? untuk Gmail, klik tombol Report spam pada toolbar (berbentuk tanda seru).
0602-gmail-spam-100662051-large

Anda juga perlu melatih email client untuk bisa membedakan mana email yang benar dan yang spam. Dengan cara masuk ke folder spam, kemudian cari email yang menurut Anda tidak seharusnya di sana (email yang benar). Dan klik tombol Not spam.
0602-gmail-not-spam-100662052-large

Jika email client Anda benar-benar terpercaya, dia akan belajar dari kesalahan-kesalahan ini.

2. Jangan Pernah Respon Spam

Jika Anda mengenali sesuatu seperti spam hadir pada email sebelum membukanya, jangan buka email tersebut. Jika Anda membukanya dan baru menyadari bahwa itu adalah spam, segeralah untuk mentutupnya. Jangan pernah mencoba untuk mengakses link yang berada pada email tersebut atau mengunduh data darinya. Jika Anda membuka spam tersebut karena dikirim dari teman Anda, hubungi mereka segera agar mereka tahu bahwa akun mereka sudah disusupi spam.

3. Sembunyikan Alamat Email

Semakin banyak orang yang memiliki alamat email Anda, maka semakin banyak pula spam yang bisa Anda terima. Jadi jangan pernah Anda menyebarkan alamat email pribadi dengan cara memasukkannya ke situs (kecuali benar-benar diharuskan). Dan jika memang diharuskan memasukkan email, usahakan untuk menggunakan email yang lain jangan email pribadi.

Kami mencoba alamat email sekali pakai untuk hal itu. Kami rekomendasikan Blur yang merupakan ekstensi dari Chrome dan Firefox. Atau opsi lainnya yakni dengan menggunakan spamex dan mailshell.

4. Gunakan Filter Anti-spam Pihak Ketiga

Sebagian besar email client, pastinya selalu menghadirkan filter anti-spam untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya. Namun jika kurang maksimal, lebih baik menggunakan filter anti-spam pihak ketiga seperti ESET Smart Security 9 yang menurut laporan dari AV-Comparatives melalui catatannya di Anti-Spam Test, merupakan filter dengan nilai paling tinggi untuk urusan “menangkap” spam.

5. Ubah Alamat Email

Ini adalah pilihan terakhir jika memang keempat cara sebelumnya tidak ampuh mengatasi spam yang masuk ke email Anda. Ya, pilihan terakhir tersebut adalah dengan mengganti alamat email Anda. Tapi sebelum melakukannya, segeralah beritahu kontak pada email Anda tentang perubahan ini. Namun jangan hapus alamat email sebelumnya untuk melihat apakah spam tetap hadir di alamat email tersebut atau tidak. Jika masih, lebih baik hapus saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here