telset

Apple “Menang Banyak”, Harga iPhone X Cuma Rp 4,8 Juta

Telset.id, Jakarta – iPhone X berhasil mendapatkan banyak perhatian dari para penggemar gadget Apple meski dipatok dengan harga yang mahal. Seperti diketahui, harga iPhone X versi 64GB dipatok USD 999 atau sekitar Rp 13 jutaan. Sedangkan versi tertinggi dibanderol USD 1.149 atau sekitar Rp 15 jutaan.

Tapi tahukah Anda jika sebenarnya Apple mengambil untung yang besar dari setiap iPhone X yang telah dijual? Melansir dari 9to5mac, perusahaan analisis TechInsights melaporkan jika Apple hanya mengeluarkan uang sebesar USD 357,50 atau sekitar Rp 4,8 jutaan untuk varian iPhone X paling murah yakni dengan ROM 64GB.

Jika dikalkulasikan dengan harga iPhone X yang mencapai Rp 13 jutaan, maka Apple telah mengambil keuntungan kotor atau gross sebesar 64%, lebih tinggi dengan keuntungan yang diambil perusahaan asal Cupertino atas iPhone 8 yang mencapai 59%.

Menurut laporan tersebut juga terungkap jika panel layar OLED pada iPhone X merupakan komponen paling mahal dengan biaya sebesar USD 65,50 atau sekitar Rp 885 ribuan. Sangat jauh jika dibandingkan dengan panel layar LCD iPhone 8 yang “hanya” seharga USD 36 atau sekitar Rp 486 ribuan saja.

Selain panel OLED yang menjadi komponen paling mahal, salah satu biaya besar pun diinvestasikan Apple pada frame iPhone X yang terbuat dari stainless steel. Harga yang harus dikeluarkan Apple untuk frame itu sebesar USD 36 atau setara Rp 486 ribuan.

Lantas kenapa Apple mematok harga yang mahal untuk iPhone X? Mungkin ada beberapa hal, seperti biaya Research & Development (R&D) yang tidak termasuk dari “harga asli” iPhone X ini. Selain itu, menurut bos Apple, Tim Cook, harga tersebut sangat pantas karena Apple menawarkan teknologi baru pada seri iPhone spesial mereka.

“Kami memberikan nilai sesuai jenis yang kami berikan. Kami tidak memberikan harga tinggi demi mendapatkan apa yang dipikirkan. Kami hanya mencoba memberikan harga sesuai dengan apa yang kami sampaikan,” jelas Tim Cook.

“Dan iPhone X memiliki banyak teknologi baru yang hebat, dan ini adalah produk yang luar biasa,” klaim Cook.

Well, menurut Anda apakah harga yang diberikan Apple pada iPhone X masih terbilang wajar? (FHP/HBS)

Source9to5mac

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0