Android One ‘Dipaksa’ Masuk ke Xiaomi Redmi Note 4, Hasilnya?

Penerus Xiaomi Mi A1
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Telset.id, Jakarta – Kita semua tahu jika Xiaomi Mi A1 merupakan smartphone pertama Xiaomi yang menjalankan program Android One dari Google. Karena hal itulah, tampilannya tak lagi menggunakan MIUI, melainkan menggunakan tampilan khas Android murni.

Kehadiran Android One yang saat ini masih spesial untuk Xiaomi Mi A1 mungkin saja membuat iri para pengguna smartphone Xiaomi seri lainnya, termasuk (mungkin) Anda sendiri.

Tapi jangan khawatir karena salah seorang pengguna di XDA Developers berhasil membuat dua smartphone Xiaomi lainnya, yakni Redmi Note 4 dan Redmi Note 4X, menjalankan Android One ala Mi A1 dengan basis Android 7.1.2 Nougat.

“Android untuk Redmi Note 4 berbasis dari Android Nougat versi stable dari Xiaomi Mi A1 7.9.21 (Build Nuber),” kata pengguna XDA Developers bernama GLokin666.

[Baca juga: Review Xiaomi Mi A1: Smooth, “Nyaris Tanpa Beban”]

Tapi sayangnya, meski proses porting ROM sukses dijalankan oleh dua smartphone tersebut, ada beberapa fitur yang tidak dapat digunakan pada Redmi Note 4 ataupun Note 4X. Fitur tersebut adalah sensor sidik jari dan juga sensor inframerah, termasuk berbagai fitur di kamera di Redmi Note 4 pun ikut hilang.

“Versi ini bisa dianggap stabil, meski sensor sidik jari saya belum bisa memperbaikinya, inframerah juga tidak bekerja,” jelasnya.

Meski dinilai masih terdapat beberapa bug, pengguna itu tetap menyertakan link bagi para pengguna Redmi Note 4 dan Note 4X untuk bisa menjajal taste dari Android One khas Xiaomi Mi A1, sekaligus membantunya untuk memperbaiki bug yang muncul.

[Baca juga: Hasil Jepretan Kamera Xiaomi Mi A1, Ada JKT48!]

“Seperti biasa, jika ada yang menguji ROM ini untuk mencoba memperbaiki kedua bug ini, saya sangat senang,” ucapnya. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here