Android Nougat Bisa Tahu Aplikasi Asli atau Abal-abal

Telset.id, Jakarta – Android merupakan sistem operasi yang paling sering diincar malware atau virus jahat yang disusupkan dalam aplikasi abal-abal. Google ternyata coba mengatasinya dalam Android Nougat yang mampu mengenali aplikasi yang Anda install adalah asli atau bajakan.

Perilisan Android 7.0 Nougat developer preview mengungkap beberapa fitur baru yang ditambahkan oleh Google. Salah satu fitur yang paling menarik adalah indikator sumber APK yang digunakan oleh sebuah aplikasi.

Seperti diketahui, selama ini pengguna Android bisa mengunduh aplikasi langsung lewat Google Play Store, atau bisa juga via sideload manual APK dari sumber lain. Para hacker biasanya memanfaatkan aplikasi bajakan atau tidak resmi ini sebagai pintu masuk menyebar malware.

Para pengguna Android seringkali tergoda untuk menginstall versi bajakan dari aplikasi berbayar secara gratis yang didapatkan dari sumber yang tidak jelas atau bukan dari Google Play Store. Dari sinilah biasanya serangan virus jahat itu melancarkan serangannya.

Masalah itu coba diatasi Google lewat fitur baru yang diberikan pada Android 7.0 Nougat. Sistem operasi Android terbaru ini bisa mengenali apakah sebuah aplikasi yang diinstall pengguna lewat Google Play Store atau package installer.

Contohnya seperti Anda lihat pada gambar di bawah, game Pokemon Go yang saat ini belum dirilis secara global bisa didapatkan pengguna dengan cara menginstallnya lewat package installer.

Android Nougat App info

Dalam gambar tersebut nampak Android Nougat dapat mengenali sumber APK dari aplikasi Pokemon Go tersebut. Anda akan melihat keterangan sumbernya di App info > Store > App Details.

Ada yang menduga bahwa fitur baru ini sengaja dihadirkan oleh Google untuk melacak sumber penyebaran maupun sebagai pencegahan agar pengguna tak bisa menginstall APK bajakan. Ada juga yang menduga fitur ini sebagai alat bagi para developer memblokir pengguna dalam menikmati layanan mereka lewat aplikasi bajakan.

Tapi kemungkinan yang paling mendekati adalah lebih difungsikan sebagai fitur pembantu layanan pelanggan dalam melacak sumber penyebab masalah ketika ponsel Android memperlihatkan tanda-tanda mencurigakan telah disusupi malware.

Apapun itu dugaannya, yang jelas fitur ini bisa membuat pengguna lebih mudah untuk mengidentifikasi dari mana sumber aplikasi yang mereka install, apakah aplikasi bajakan atau bukan.[HBS]

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here