Amazon Belum Berencana Bangun Data Center di Indonesia

Telset.id, Jakarta РLayanan komputasi awan alias Cloud besutan Amazon, Amazon Web Services (AWS) telah merambah Indonesia sejak beberapa waktu lalu. Tercatat, puluhan perusahaan lokal ternama dari berbagai sektor telah menggunakan layanan perusahaan asal AS ini.

Kendati sudah dikenal cukup luas oleh pebisnis nasional, namun Amazon belum memiliki pusat data (data center) di Indonesia.

“Ya, kami pusatkan data di region Singapura. Saya kira pelanggan kami sudah memahami dan banyak klien kami dari regional dan global juga mengerti,” kata Technical Evangelist AWS Donnie Prakoso di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Donnie mengakui, ada banyak masukan mengenai lokasi data center dari berbagai pihak. Namun hingga kini belum ada putusan terkait hal itu dari pimpinan pusat Amazon.

Namun demikian, terkait keamanan data, Donnie memastikan pihaknya sudah mengantongi berbagai sertifikasi dan merampungkan sejumlah audit. Diantaranya adalah SOC 1, SOC 2 dan SOC 3 untuk keamanan dan ketersediaan, serta PCI RSS level 1, ISO 27001 dan ISO 9001.

“Keamanan dan kinerja operasional adalah prioritas bagi AWS. Infrastruktur Cloud AWS telah dirancang untuk memberikan ketersediaan optimal sekaligus memastikan terjaganya privasi pelanggan dan segregasi,” tukasnya. [IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here