Adu Kuat iPhone 6 vs Galaxy S6, Siapa Menang?

Drop test iPhone 6 vs Galaxy S6JAKARTA – Persaingan Samsung dan Apple di pasar smartphone semakin memanas. Dengan mengandalkan senjata andalannya masing-masing, kedua vendor ini terus “adu kuat”. Kali ini, Galaxy S6 Edge dan iPhone 6 kembali saling ber kompetisi tahan banting. Siapa yang keluar sebagai pemenang?

Apple lebih dulu merilis flagship andalannya, iPhone 6, ke pasaran pada tahun lalu, menyusul Samsung menyodorkan flagship terbarunya, Galaxy S6, pada awal tahun ini. Kedua smartphone ini selain menawarkan fitur-fitur canggih, juga diklaim memiliki bodi yang kokoh karena dibalut dengan bahan metal.

Tidak ada yang paling tepat selain melakukan test secara langsung, dari pada hanya saling klaim. Keduanya pun dipertemukan dalam sebuah ‘drop test’ atau ujicoba dengan cara dijatuhkan dari ketinggian tertentu. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat dua smartphone ini apabila secara tak sengaja jatuh ke lantai saat digunakan.

Seperti dikutip telsetNews dari PhoneArena, Selasa (7/4/2015), dalam drop test kali ini, iPhone 6 dan Galaxy S6 harus melewati tiga tahap pengujian, dengan cara dijatuhkan dari ketinggian yang berbeda-beda.

Test pertama, keduanya dijatuhkan setinggi pinggang orang dewasa. Jarak ketinggian ini dipilih dengan pertimbangan kondisi smartphone lepas dari pegangan saat dikeluarkan dari saku celana. Pada tes tahap pertama ini, kedua smartphone tersebut masih mampu bertahan dengan hanya sedikit goresan pada bagian pinggirnya.

Pada test kedua, Galaxy S6 edge dan iPhone 6 dijatuhkan pada ketinggian sekitar 1,5 meter atau setinggi kuping orang dewasa. Jarak ini mewakili kondisi smartphone terlepas dari genggaman saat pengguna sedang melakukan panggilan telepon.

Dalam test kedua ini, iPhone 6 sedikit lebih unggul dengan hanya sedikit goresan pada perangkat. Sementara Galaxy S6 Edge tidak ada kerusakan pada bagian layar, tapi terdapat tanda-tanda goresan yang jelas terlihat pada tombol Home dan layar melengkungnya.

Selanjutnya penyiksaan terhadap kedua smartphone ini masih berlanjut, dengan cara dijatuhkan dari ketinggian 10 kaki. Dalam test ketiga ini baru terlihat siapa yang memiliki bodi lebih kokoh. Apple harus mengakui rival Korea-nya ini, karena kamera berlapis kaca safir milik iPhone 6 nampak rusak parah saat dijatuhkan pada ketinggian tersebut. Sementara Galaxy S6 edge mampu bertahan dengan tidak ada kerusakan berarti.

Kemudian masuk ke test terakhir, yang dilakukan dengan cara menjatuhkan kedua smartphone flagship tersebut dengan posisi layar menghadap ke bawah, atau langsung bertumbukan dengan permukaan lantai yang keras. Bagaimana hasilnya?

Sekali lagi Apple harus mengakui keunggulan Samsung. Karena ponsel andalannya iPhone 6 mengalami nasib yang mengenaskan, karena nampak banyak retakan-retakan pada sekujur layarnya. Meski begitu, iPhone 6 masih bisa digunakan. Sementara Galaxy S6 edge hanya mengalami sedikit retakan dan goresan di layar. Selamat buat Galaxy S6.

Well, itu tadi drop test yang dilakukan terhadap iPhone 6 dan Galaxy S6. Dan sebagaimana sudah diketahui, Galaxy S6 berhasil unggul dalam test tersebut. Mungkinkah Galaxy S6 juga mampu menggungguli iPhone 6 dari sisi penjualan? Kita tunggu hasilnya.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0