8 Cara Jitu Mengatasi WhatsApp Error, Kenali Penyebabnya!

WhatsApp Error
WhatsApp Error

Telset.id, Jakarta – WhatsApp error memang masalah, tapi bukan berarti kamu tidak bisa mengatasi masalah yang menjengkelkan itu bukan. Kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi Whatsapp error.

Aplikasi texting ini memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak, bahkan mungkin yang terbesar di Indonesia dibanding aplikasi lainnya.

Keunggulan fitur-fiturnya serta penggunaannya yang sederhana, membuat WhatsApp begitu digemari. Meski bermunculan aplikasi-aplikasi sejenis lainnya, namun belum ada yang bisa menggoyah posisi WA.

{Baca juga: 5 Tanda WhatsApp Disadap, Begini Cara Mengatasinya!}

WhatsApp memang memiliki banyak keistimewaan, tetapi bukan berarti aplikasi ini tidak pernah mengalami masalah.

Penyebab WhatsApp Error dan Cara Mengatasinya

Sama seperti yang lain, WhatsApp pun kerap error. Jika sudah seperti ini, pengguna biasanya tidak bisa membuka fitur tertentu bahkan keseluruhan aplikasi.

Jika Anda sedang mengalami WA error, tak perlu khawatir, karena tim Telset.id sudah merangkum beberapa penyebab WhatsApp error dan cara mengatasinya.

1. WhatsApp error tidak bisa dibuka

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan WhatsApp error tidak bisa dibuka, seperti tidak terhubung dengan jaringan internet, aplikasi Task Killer yang Anda pasang, penumpukan cache, atau terdapat masalah saat proses download dan pemasangan aplikasi WA di HP.

Cara mengatasinya sebenarnya cukup mudah. Ikuti caranya berikut ini:

  • Sebelumnya kamu harus pastikan dulu aplikasi WhatsApp yang terpasang adalah versi terbaru.
  • Selanjutnya jaringan internet stabil dan pastikan tidak ada aplikasi Task Killer yang bisa mematikan aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian hapus cache dengan cara masuk menu Setting, lalu pilih menu Aplikasi, lalu pilih WhatsApp, dan klik tombol Clear Cache.

 

Mengatasi whatsapp error

Jika cara ini masih belum berhasil, kamu bisa pakai cara cara terakhir dengan menginstall ulang aplikasi WhatsApp kamu.

{Baca juga: Cara Mudah Video Call WhatsApp di Laptop}

2. WhatsApp error setelah upgrade

Meski tidak sering, tapi ada kalanya WhatsApp menyediakan pembaruan aplikasi bagi para penggunanya. Akan tetapi, ada beberapa pengguna yang mengeluh aplikasi WA yang dipakainya menjadi error setelah melakukan upgrade.

Beberapa penyebab yang memungkinkan hal ini terjadi adalah ruang penyimpanan tidak cukup saat proses upgrade atau terdapat masalah pada Google Play Store yang Anda gunakan.

Jika kamu mengalami masalah ini, tak perlu panik. Berikut ini kami berikan tips memperbaiki Google Play Store agar kamu bisa kembali memakai aplikasi WhatsApp:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghapus aplikasi yang tidak terpakai.
  • Jika sudah, silahkan masuk menu Setting, kemudian pilih menu Apps, lalu pilih All, kemudian pilih Google Play Store, dan klik Clear Cache.

Mengatasi whatsapp error

  • Selanjutnya masuk menu Setting, lalu pilih Apps, kemudian geser ke Tab All dan gulir ke bawah sampai kamu menemukan aplikasi Google Play Store. Kemudian buka dan pilih Force Stop, selanjutnya klik Clear Data.

Kalau cara tadi masih belum bisa juga, kalian bisa coba cara dengan menghapus aplikasi WhatsApp, lalu mengunduhnya kembali dari website Play Store.

3. WhatsApp tidak bisa kirim pesan

Selain tidak bisa dibuka dan rusak setelah upgrade, salah satu ciri WhatsApp error yang sering dijumpai adalah tidak bisa mengirim pesan.

{Baca juga: Cara Pakai WhatsApp Web Video Call 50 Orang}

Penyebabnya bermacam-macam, bisa jadi karena HP tidak terhubung dengan jaringan internet, data dan cache aplikasi WA sudah sangat menumpuk, atau ada aplikasi lain yang “membunuh” aplikasi WA di smartphone Anda.

Jika hal itu terjadi, coba terapkan beberapa cara ini untuk mengatasinya:

  • Periksa jaringan internet kamu, dan periksa juga apakah WhatsApp bisa mengakses internet.
  • Kemudian hapus cache dengan cara masuk menu Setting, lalu pilih menu Aplikasi, lalu pilih WhatsApp, dan klik tombol Clear Cache untuk menghapus cache aplikasi WhatsApp.
  • Kamu juga bisa dengan cara menghapus data aplikasi WhatsApp.
  • Atau dengan cara update Aplikasi WhatsApp.

4. Nomor kontak tidak terdeteksi

Ada banyak ciri WhatsApp error yang bisa kamu temukan, salah satunya adalah tidak bisa mendeteksi nomor kontak. Kalau kalian mengalami masalah seperti ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan nomor kontak dengan benar.

Usahakan kamu sudah pakai WhatsApp versi terbaru, agar tidak ada pengaturan yang kadaluarsa. Selanjutnya, kamu periksa apakah sudah mengatur daftar kontak di ponsel kalian bisa dibaca aplikasi.

{Baca juga: Whatsapp Web Tips&Trick | Bisa Kepoin Pasangan}

5. Tidak bisa memutar video di WhatsApp

Saat ini kamu bisa menikmati fitur multimedia yang lebih komplit di WhatsApp, salah satunya video. Fitur video sekarang sudah menjadi fitur wajib yang harus ada di aplikasi chatting.

Tak heran jika sekarang kalian sering suka berkirim pesan video via aplikasi WhatsApp. Tapi terkadang kamu mengalami masalah video yang dikirimkan tidak bisa dibuka atau diputar.

Jika video di WhatsApp tidak bisa diputar, pastikan kamu sudah memiliki Google Photos dengan versi terbaru. Jika belum, kamu bisa langsung mengunduhnya di Google Play Store secara gratis. Gampang kan caranya

6. Pesan suara tidak bisa diputar

Selain fitur video, kalian juga bisa memanfaatkan fitur pesan suara di aplikasi WhatsApp. Biasanya fitur ini paling sering digunakan kalau kalian lagi malas ngetik pesan, maka pakai pesan suara jadi solusinya.

Tapi fitur ini juga tidak lepas dari gangguan. Terkadang pesan suara yang kamu terima tidak bisa diputar atau audionya tidak terdengar. Jika ini terjadi, maka bisa dipastikan ada yang error dengan aplikasi WhatsApp di perangkat kamu.

Biasanya masalah ini bisa terjadi karena berhubungan dengan fitur proximity sensor yang sangat diandalkan oleh WhatsApp.

Anjuran kami, pastikan fitur ini tidak rusak dan jangan dekatkan ke wajah dan telinga saat ingin memutar pesan audio.

7. Nomor kontak ganda

Tadi kami sudah membahas soal masalah kontak yang tidak bisa terdeteksi. Nah, selain masalah tersebut, pengguna juga sering mengalami masalah kontak ganda.

Yups, WhatsApp yang lagi error memang biasanya menggandakan kontak. Tentu ini akan membingungkan kalian, karena kontak di daftar menjadi banyak atau dobel-dobel. Bingung kan?

Untuk mengatasinya agar bisa kembali seperti semula, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi WhatsApp versi terbaru. Atau kalau misalnya kamu banyak waktu luang, kamu bisa juga menghapus kontak ganda tersebut secara manual.

8. Mungkin akun Gmail diretas atau tidak valid

Kalian sudah tahu bahwa ponsel kamu terhubung dengan akun Gmail, dan ketika WhatsApp kamu berhenti berfungsi maka itu mungkin karena akun Gmail menjadi tidak valid.

Akibatnya, ID Gmail mungkin tidak berfungsi. Dalam situasi ini, kamu harus keluar dari akun email kalian dan masuk lagi menggunakan ID pengguna lain.

Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka menu Setting dan klik Accounts untuk keluar dari ponsel
  • Selanjutnya pilih Google Account dan klik “Remove Account”

Nah itu tadi pembahasan kita soak berbagai masalah atau error yang kerap terjadi pada aplikasi WhatsApp, dan cara untuk mengatasinya. Semoga tips yang kami berikan tadi bisa cukup membantu kalian.

WhatsApp sendiri sudah hadir dalam versi desktop, atau biasa kita sebut sebagai WhatsApp Web. Fitur baru ini sangat disukai pengguna, karena memungkinkan mereka bisa mengakses WhatsApp via desktop atau laptop.

Para pengguna bisa membukanya menggunakan browser ataupun aplikasi berbasis Windows dan juga Mac. Nah, untuk mengetahui lebih jelas tentang WA web ini, kami telah menulis artikel khusus tips & trick WhatsApp Web. Kamu bisa langsung membacanya ya. [MS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here