telset

5 Trik Mengetik Lebih Cepat di Ponsel Android

Jakarta – Anda mungkin terbiasa mengetik cepat dengan keybord di PC atau Laptop, entah itu di kantor ataupun di rumah. Namun bagaimana dengan ketika menggunakan ponsel pintar (smartphone) Android? Masih bisa mengetik sama cepatnya tanpa mengalami banyak typo?

Well, sebenarnya bisa-bisa saja, asalkan tahu triknya.

Ya, mengutip dari Makeuseof, ada setidaknya 5 trik yang bisa diterapkan untuk membuat jari-jemari kita bergerak lebih lincah saat mengetik di smartphone. Dalam hal ini dikhususkan ketika menggunakan Gboard, yang sebelumnya dikenal dengan Google Keyboard.

Nah, apa saja triknya? Check this out!

1. Sisipkan emoji lebih cepat

Emoji makin sering dipergunakan untuk menggantikan ungkapan perasaan, bahkan emoji disebut-sebut sebagai bahasa baru internet. Untuk mencari emoji di Gboard, Anda cukup menekan ikon emoji dan muncul bilah penelusuran yang berbunyi Search emoji. Ketik istilah pencarian, dan ketuk emoji itu untuk memasukkannya.

2. Kontrol Kursor dengan tepat

Caranya cukup dengan swipe ke kiri atau kanan pada panel spasi. Jika perlu menghapus beberapa kata secara bersamaan, sentuh dan swipe ke kiri tombol spasi mundur (backspace)

3. Ketik bilangan dan karakter khusus dengan cepat

Aktifkan baris nomor di Gboard tanpa harus berpindah dari huruf ke angka dengan cara buka Gboard Settings-> Preferences dan aktifkan Number row.

Sedangkan untuk memasukkan angka dengan cepat, namun tanpa mengaktifkan baris angka terus-menerus, bisa dilakukan dengan menyentuh dan menyapu tombol 123 ke nomor pilihan Anda. Cara yang sama bisa dilakukan untuk memasukkan karakter khusus.

4. Aktifkan prediksi teks dan saran

Dengan fitur ini, kata berikutnya bisa ditunjukkan berdasarkan kata sebelumnya yang Anda ketik. Caranya dengan masuk menu Gboard Settings-> Text correction dan aktifkan saran Next-word.

Di fitur ini juga bisa menambah sarankan nama kontak, emoji dan personalisasi dari aplikasi google lain.

5. Buat shortcut untuk memperluas teks secara otomatis
Misalnya ketik apk untuk kata “Bagaimana kabar Anda?”. Selain itu bisa menggunakan metode Glide Typing, yakni dengan menggeser huruf, alih-alih menekan setiap tombol. Caranya dengan menempatkan jari pada karakter pertama dan kemudian menggeser karakter yang tersisa dari kata yang diinginkan. Jika Gboard memasukkan kata yang salah, biasanya dapat memperbaiki kata dari bilah
saran.

Selain itu, metode pengetikan suara juga bisa dicoba, yakni berbicara dengan ponsel Android dan mengubah suara menjadi teks secara real-time menggunakan mesin speech – to – text Google. Caranya ketuk ikon mikrofon di sisi kanan bilah saran dan mulailah berbicara. Namun sebelumnya perlu mengkonfigurasi bahasa utama dengan cara masuk ke Gboard Settings> Voice typing> Languages. [IF[

Source: Nokiafans.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0