5 Fitur Ini Bisa Memaksimalkan Fungsi Gmail

Telset.id – Sebagai pengguna setia Gmail, mungkin Anda hanya tahu bagaimana mengatur akun GMail Anda saja. Namun, pada faktanya, terdapat banyak fitur yang mungkin belum Anda ketahui dimana fitur-fitur ini akan memaksimalkan Gmail Anda kedepannya.

1. Unsubscribe Email

Sebagus-bagusnya filter spam yang ada di Gmail, masih saja ada pesan masuk yang datang yang seharusnya bisa dihindari. Untungnya ada cara mudah untuk menanggulanginya, yakni dengan mengetik Unsubscribe di kolom cari, dan secara otomatis Gmail akan memberikan Anda daftar pesan masuk yang semuanya dapat dihentikan. Caranya adalah klik pesan masuk tersebut dan klik tombol unsubscribe yang tepat di samping nama pengieim email.

2. Manfaatkan “Aliases”

Jika cara tadi kurang membantu Anda, mari gunakan cara lainnya yang lebih baik. Gmail mengizinkan Anda untuk membuat alamat alternatif dengan menambahkan tanda (+) dan diikuti dengan angka atau kata-kata setelah alamat email Anda. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menghindari email langganan yang sering mengirim email berisikan promosi atau berita. Misalnya Anda ingin masuk sebagai Testing, masukkan email Anda sebagai Telset.id+testing@gmail.com.

3. Gunakan Ikon “Stars”

Gmail menggunakan bintang kuning untuk bookmark atau memprioritaskan pesan.

Gmail fitur

Masalahnya adalah jika terdapat banyak “star” pada banyak email, maka kotak masuk Anda pun menjadi tidak teratur. Tapi, Google memberikan berbagai bintang berwarna yang dapat digunakan untuk menjaga keteraturan kotak masuk email. Misalnya dengan menggunakan warna bintang yang berbeda untuk sesuai tingkat prioritas, dan menggunakan tanda seru merah sebagai pesan yang mendesak.

Untuk mencobanya, masuk ke Settings > General dan scroll ke bawah sampai menemukan Stars. Drag bintang tersebut atau simbol lainnya yang ingin ditambahkan dari kategori Not in use ke In use. Untuk menggunakan salah satu ikon pada pesan, klik ikon bintang di pesan masuk secara berulang sampai ditemukan ikon yang diinginkan.

4. Awasi Aktivitas Akun

Mungkin kita memang tidak mendapat email yang berisikan promosi atau yang lainnya, tapi ingat email kita pun rentan untuk diretas.

Gmail fitur 2

Untuk menjaganya, Anda dapat memantau aktivitas Gmail dengan cara scroll ke bawah di halaman kotak masuk sampai menemukan tombol Details yang terdapat di pojok kanan bawah. Anda dapat melihat 10 kegiatan terakhir yang menggunakan email Anda. Untuk mengeluarkan semua aktivitas yang menggunakan akun Gmail Anda tersebut, tekan tombol Sign out all other web sessions.

5. Kelola Akun Tidak Aktif

Tidak bisa dibayangkan jika kita berhenti menggunakan Gmail. Hampir mustahil memang, namun tidak ada salahnya berjaga-jaga dengan menggunakan fitur dari Google yakni Google Inactive Account Manager.

Fitur ini dapat membantu Google untuk menentukan kapan akun Anda dinilai tidak aktif olehnya, serta apa yang harus dilakukan dengan data Anda, dan siapa yang harus diberi tahu jika akun ini tidak aktif. Untuk menggunakannya, ikuti pengaturan berikut ini:

  1. Timeout period: mengatur jangka waktu dari terakhir Anda login sampai dinyatakan tidak aktif.
  2. Alert me: memasukkan nomor ponsel dan alamat email agar Google dapat memberikan peringatan sebulan sebelum akun dinyatakan tidak aktif.,
  3. Notify contact and share data: Anda dapat menambahkan hingga 10 orang terpercaya utnuk memberitahukan ketika akun telah tidak aktif. Di opsi ini terdapat pilihan untuk membagikan data dari email atau tidak.
  4. Optionally delete account: jika opsi ini diizinkan, Google akan menghapus akun dan semua data yang terhubung dengan akun Gmail.

Langkah-langkah ini berguna untuk Anda ketika Anda memang dalam keadaan tidak bisa membuka Gmail dengan alasan apapun, sehingga layak untuk meluangkan waktu sedikit saja untuk mengkonfigurasi pengaturan ini. [MFH/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here