4 Tips Menghindari Serangan Spyware Pegasus

Spyware Pegasus virus jahat

Telset.id  – Serangan Spyware Pegasus sukses membuat gempar. Apalagi kalau bukan karena ulahnya yang melakukan peretasan WhatsApp. Tak tanggung-tanggung, target virus jahat ini adalah politisi, wartawan, dan pejabat pemerintahan.

Sedikit informasi, spyware ini dibuat oleh perusahaan asal Israel, NSO Group. Facebook, selaku perusahaan pemilik WhatsApp menjelaskan cara kerja dari virus jahat tersebut.

Perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut menjelaskan bahwa NSO Group menyusupkan virus jahat tersebut melalui fitur video call WhatsApp. Saat serangan spyware Pegasus masuk, dia akan langsung menjalankan kode berbahayanya di smartphone korban.

{Baca juga: Jahatnya Kemampuan Spyware Pegasus yang Infeksi WhatsApp}

Yang paling berbahaya adalah, spyware Pegasus bekerja tanpa terdeteksi. Pasalnya, ia tidak menguras habis baterai perangkat korban, memori dan penggunaan data yang sedikit, sampai pengaturan self-destruct ketika ketahuan sistem keamanan smartphone.

Di Indonesia memang belum ditemukan korban dari kasus virus jahat ini. Meski demikian tidak ada salahnya menerapkan langkah preventif. Berikut ini beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari infeksi Spyware Pegasus menurut Kaspersky:

1. Selalu Update Sistem Smartphone

Vendor ponsel kerap menggulirkan update sistem untuk menghilangkan bug, menutup celah keamanan, atau menambahkan fitur baru. Pastikan Anda selalu memperbarui sistem smartphone Anda jika memang tersedia. Langkah ini dilakukan untuk menambal celah keamanan yang berpotensi dieksploitasi oleh spyware.

2. Selalu Update WhatsApp ke Versi Terbaru

Dengan melakukan update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru ini diharapkan celah keamanan yang mungkin dimanfaatkan oleh virus jahat ini untuk masuk ke ponsel korban telah diperbaiki.

3. Install Anti Virus

Kaspersky menyarankan pengguna untuk memasang anti virus. Cara ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila aplikasi anti-virus mendeteksi aktivitas yang tak wajar di smartphone.

4. Hindari Link yang Tak Jelas Asal Usulnya

Jika Anda menerima link yang tak jelas sumbernya, sebaiknya Anda menahan diri untuk mengakses link tersebut. Melalui link tersebut sangat mungkin menjadi gerbang masuknya spyware ke ponsel Anda.

{Baca juga : Tanggapan Menkominfo Johnny Terkait Spyware Pegasus}

Seperti pepatah “sedia payung sebelum hujan”, tidak ada salahnya menerapkan tips ini sebagai langkah pencegahan menghindari Spyware Pegasus. Selamat mencoba dan selalu berhati-hati!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here