4 Aplikasi Bahasa Daerah

bahasa sulsel

Indonesia salah satu negara yang memiliki keragaman dalam berbahasa. Hampir setiap pulau memiliki bahasa yang berbeda. Warisan budaya leluhur ini setidaknya bisa diabadikan dalam sebuah teknologi yang berupa aplikasi-aplikasi untuk smartphone.

{Baca Juga: 12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing, Langsung Fasih Tanpa Ribet}

Nah, ini beberapa aplikasi yang bisa bangkitkan rasa nasionalisme kita;

  1. Hanacaraka

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah meluncurkan sebuah Aplikasi Android berupa Belajar Baca Tulis dan Game Aksara Jawa Berbasis Mobile Lintas Platform untuk memperingati Hari Guru. di dalam aplikasi Hanacarakan ini terdapat kurang lebih 250 bahasa lokal di Indonesia termasuk diantaranya adalah Bahasa Jawa. Dengan aplikasi ini diharapkan Aksara Jawa selalu di ingat masyarakat dan menghindari agar tidak mudah punah.

bahasa jawa

  1. Bahasa Sunda

Bahasa Sunda, aplikasi kamus Bahasa Sunda ini yang berasal dari pengembang Indonesia, GITS Indonesia. Selain menciptakan kamus Bahasa Sunda, GITS Indonesia juga telah menciptakan kamus Bahasa Indonesia – Inggris yang diberi nama Bahasa Dictionary.

Aplikasi kamus Bahasa Sunda ini bisa langsung diunduh melalui Google Play Store, dengan rating yang cukup bagus 3,9, aplikasi ini mampu menyedot perhatian sepuluh ribu lebih pengguna Android, ditambah lagi aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, hanya 63 kilobytes. Dengan aplikasi kamus Bahasa Sunda ini, Anda akan dengan mudah menerjemahkan kata dalam Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.

bahasa sunda

{Baca Juga: 10 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Android Terbaik 2021, Gratis!}

  1. Bahasa Batak

Buat Anda yang ingin belajar bahasa Batak, Anda bisa menggunakan aplikasi buatan Taringin ini. Aplikasi ini bisa dipergunakan dalam kondisi Offline sehingga tidak perlu menggunakan koneksi internet ketika menggunakannya. Kapasitasnya juga sangat ringan cuma ukuran 1,5MB. Aplikasi ini sudah memiliki 30 ribu lebih kata bahasa Batak dan bahasa Indonesia.

bahasa batak

  1. Kamus Bahasa Sulsel

Buat yang ingin menguasai bahasa Makassar, kami memiliki referensi aplikasi ‘Kamus Bahasa Sulsel’.  Aplikasi ini bentuknya seperti kamus yang siap memandu Anda belajar bahasa makassar. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa bahasa seperti  bahasa bugis, bahasa duri dan bahasa konjo. Untuk ukuran filenya Cuma 533Kb.

Itu dia empat aplikasi translate bahasa daerah yang bisa Anda manfaatkan. Selamat mencoba!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0