telset

3 Cara Melakukan Root Pada Android

Terdapat banyak cara untuk me-root ponsel Android, dan meskipun cara tersebut tergantung pada jenis ponselnya, secara umum proses root sama saja seperti proses berikut ini:

Membuka Bootloader: Google dan produsen lainnya sama sekali tidak mendukung rooting, tapi mereka memberikan cara resmi untuk mendapatkan akses tingkat rendah untuk beberapa perangkat yang kemudian memungkinkan Anda untuk menjadi user root. Misalnya Nexus, yang merupakan smartphone Android untuk para developer. Dengan Nexus, membuka bootloader dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan satu perintah saja.

Mengeksploitasi Kerentanan dari Keamanan: Berbeda dengan seri Nexus, produsen lainnya tidak memberikan cara resmi untuk membuka boatloader dan mengutak-atik perangkat lunak ponsel keluaran mereka. Perangkat seperti ini masih bisa diroot, namun dengan menggunakan cara yakni menemukan kerentanan dari keamanan perangkat tersebut dan mengeksploitasinya dengan memasang biner SU ke partisi sistem mereka. Update OTA mungkin dapat memperbaiki kerentanan dan meng-unroot ponsel yang telah diroot.

Flash CyanogenMod atau Custom ROM Lainnya: Secara teknis, ini merupakan lanjutan dari salah satu metode di atas. Dengan membuka boatloader dan mengeksploitasi kerentanan dari keamanan ponsel, masing-masing dapat Anda lakukan flash Custom ROM seperti CyanogenMod. CyanogenMod adalah pengaturan yang memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan root.

Pada tulisan ini, kami memfokuskan pada membuka bootloader. Jika ponsel Anda perlu dieksploitasi, kami tidak bisa membantu nya lebih lanjut karena setiap ponsel memiliki cara yang berbeda-beda. Silakan cari caranya di forum XDA Developers untuk informasi lebih lanjut dan untuk mencari cara bagaimana melakukan root di perangkat yang lebih spesifik. Cara-cara yang akan kami bagikan ini menggunakan tools yakni Kingo Root dan Towelroot yang memungkinkan Anda untuk melakukan root dalam sekali klik saja. Tools ini masih berguna juga untuk perangkat yang lama.

Jika ingin membuka bootloader, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan metode TWRP. Karena dengan metode ini, setiap proses akan terlihat dengan jelas dan membantu Anda dalam mempelajari tiap prosesnya. Agar nantinya Anda dapat mengatasi sesuatu ketika terjadi kesalahan dalam proses tersebut. Untuk memulai proses ini, Anda diharuskan membuka bootloader terlebih dahulu dengan cara yang resmi, lalu pasangkan TWRP Recovery dengan menggunakan petunjuk yang kami sediakan untuk Anda.

2 KOMENTAR

  1. tambahan. JANGAN PERNAH FACTORY DATA RESET SETELAH FLASH COSTOM ROM. karena ROM yg diberikan dari pabrik akam di delete, jadi kalau tekan factory data reset akan terjadio blank, fix nya susah susah gampang. hehehe kejadian soalnya. kalo pengen factoru data reset mendimg pake titanium backup pro aja

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0