ZTE Luncurkan Ponsel 5G Akhir Tahun Ini

Telset.id, Jakarta – ZTE kemungkinan akan menjadi salah satu pabrikan yang akan segera meluncurkan ponsel dengan teknologi 5G. Hal itu diungkapkan CEO ZTE Lixin Cheng, yang mengatakan pihaknya berencana meluncurkan ponsel 5G di akhir tahun ini.

Teknologi jaringan 5G sudah menjadi topik paling hot di berbagai event tekno tahun ini. Aplikasi tersebut mampu menjangkau beberapa sektor dan mampu memperbaiki cara kerja kita.

Mr Cheng mengatakan bahwa ZTE juga akan menambahkan tablet 5G atau hub internet nirkabel untuk pemasangan di rumah-rumah. Beberapa operator seperti AT&T sudah mengumumkan rencana untuk menguji layanan 5G di sekitar 12 kota.

Qualcomm juga dikabarkan telah mulai memproduksi chip 5G yang akan menggerakkan perangkat. Agar ZTE bisa merealisasikan rencananya dibutuhkan operator dan juga chip dari Qualcomm.

Tapi bagaimanapun, jalan menuju ke sana mungkin tidak semudah yang dikira. Pihak berwenang di Amerika Serikat saat ini sedang meneliti perusahaan-perusahaan produsen ponsel asal China. Tahun lalu, ZTE dikenakan denda oleh AS karena menjual teknologi mereka kepada Iran.

Minggu ini, kesepakatan Huawei dengan AT&T pun berakhir berantakan. Ada juga laporan yang menyatakan bahwa tagihan yang diajukan dapat menyebabkan pelarangan terhadap perangkat dan layanan dari kedua belah pihak.

Beberapa produsen China memasarkan ponsel mereka di AS dalam keadaan tidak terkunci, tapi dengan bekerjasama dengan perusahaan provider bisa jadi membantu meningkatkan popularitas mereka di tengah pasar.

ZTE termasuk brand yang terkenal kerap memasarkan produknya via provider jaringan. Ponsel produksi terbarunya, Axon M dijual via AT&T.  Namun, jika tagihannya diloloskan, hal itu akan memengaruhi berbagai skema.

Pabrikan lain juga sedang mengerjakan ‘proyek’ 5G meski belum mengumumkan apapun menyangkut soal ponsel. Samsung saat ini sedang bermitra dengan Verizon untuk mengujicoba 5G di beberapa bagian di California. Apple pun telah mengantongi izin untuk mulai mengujicoba jaringan 5G.[WW/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here