Telset.id – Xiaomi merayakan ulang tahun ke-15 dengan meluncurkan versi khusus dari smartwatch andalannya, Watch S4. Edisi spesial ini dinamakan Xiaomi Watch S4 “15th Anniversary Edition” dan dibekali chipset buatan sendiri, Xring T1, yang menandai langkah besar Xiaomi dalam pengembangan modem 4G LTE.
Lei Jun, CEO Xiaomi, mengungkapkan bahwa chipset Xring T1 menjadi pencapaian penting bagi perusahaan. “Ini adalah pertama kalinya kami mengembangkan modem 4G secara mandiri, dan efisiensinya 35% lebih baik dibandingkan modem pada Watch S4 sebelumnya,” ujarnya.
Dengan modem 4G buatan sendiri, Watch S4 edisi anniversary ini menawarkan daya tahan lebih lama. Xiaomi mengklaim smartwatch ini bisa bertahan hingga 9 hari dengan konektivitas jaringan, dua hari lebih lama dari versi sebelumnya. Untuk penggunaan berat, baterai mampu bertahan 4 hari, sementara dalam mode terhubung ke ponsel, bisa mencapai 15 hari dengan fitur raise-to-wake atau 5 hari dengan always-on display.
Selain chipset baru, Watch S4 15th Anniversary Edition juga memiliki desain premium. Model eSIM dilengkapi bezel forged carbon dan lensa Dragon Glass, berbeda dengan versi reguler yang menggunakan kaca biasa. Layarnya tetap 1,43 inci dengan resolusi 466 x 466 piksel dan kecerahan puncak 1.500 nits.
Baca Juga:
Fitur unggulan lainnya adalah kemampuan kontrol kamera ponsel dengan tampilan live feed langsung di layar smartwatch. Watch S4 juga mendukung wallpaper animasi dan integrasi dengan kendaraan Xiaomi, termasuk fitur buka/tutup bagasi serta kunci jarak jauh.
Peluncuran Watch S4 edisi spesial ini sejalan dengan strategi Xiaomi memperluas ekosistem produknya, termasuk kendaraan listrik. Sebelumnya, perusahaan juga telah merilis seri Xiaomi 15 Series dan berbagai perangkat IoT dalam ajang MWC 2025.
Keberhasilan pengembangan modem 4G oleh Xiaomi membuka peluang bagi perusahaan untuk melangkah ke teknologi 5G di masa depan. Langkah ini juga memperkuat posisi Xiaomi dalam persaingan dengan merek smartwatch lain seperti Garmin Venu Sq 2 Series yang baru akan masuk pasar Indonesia.