telset

Xiao Nan, Robot Jurnalis dari China yang Bisa Nulis Berita

Telset.id, Jakarta – Salah satu teknologi yang begitu dekat kehadirannya saat ini adalah robot. Tak perlu dipungkiri lagi memang, banyak ilmuwan atau perusahaan teknologi menciptakan berbagai robot yang bisa membantu pekerjaan manusia bahkan hingga bisa menggantikan pekerjaan manusia itu sendiri.

Misalnya saja Jia Jia yang merupakan robot super cantik yang bisa menemani manusia dan bisa bercengkrama layaknya seorang manusia pada umumnya, Hospi yang bisa memandu pengunjung hotel, atau Airport Guide Robot yang diperkenalkan LG di ajang CES 2017 lalu yang bisa menjadi pemandu bagi wisatawan di dalam bandara.

[Baca Juga: Bandara & Hotel di Jepang akan Pekerjakan Robot Hospi]

Sekarang ada lagi robot yang kemungkinan bisa membantu pekerjaan manusia sekaligus menjadi saingan bagi manusia itu sendiri dalam memperebutkan pekerjaan. Robot tersebut bernama Xiao Nan yang merupakan robot jurnalis yang berhasil menjalani debut pertamanya menjadi jurnalis koran harian di China pada 19 Januari lalu.

Dilansir Tim Telset.id dari International Business Times, robot tersebut diklaim bisa menulis sebuah artikel atau berita yang berisi 300 kata hanya dalam beberapa detik saja. Artikel yang berhasil ditulis oleh Xiao Nan sendiri merupakan artikel tentang Tahun Baru China atau disebut juga dengan Spring Festival yang dipublikasikan oleh Southern Metropolis Daily.

[Baca Juga: LG Bikin Robot untuk Jadi “Guide” di Bandara]

“Jika dibandingkan dengan jurnalis biasa, Xiao Nan memiliki kapasitas analisis data yang lebih kuat dan cepat dalam menulis cerita. Tapi itu tidak berarti robot cerdas ini akan segera menggantikan pekerjaan jurnalis,” ujar Professor Wan Xiaojun dari Peking University yang juga ketua tim dari Robot Xiao Nan ini.

Menurutnya, kekurangan Xiao Nan adalah belum mampu untuk melakukan wawancara tatap muka, tidak bisa membuat pertanyaan serta tidak bisa memilih sudut berita yang menarik dari liputan yang dia jalani. “Robot ini bisa membantu surat kabar dan media terkait termasuk bisa membantu editor dan juga wartawan,” jelasnya. (FHP/MS)

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0