Wow! USB-C Ini Diklaim Bisa Identifikasi Malware

Telset.id, Jakarta – Pengisi daya dan perangkat USB adalah perangkat yang bisa diakses secara umum dan mudah digunakan. Akan tetapi, ini juga tak sepenuhnya membawa kebaikan. Selalu ada  risiko keamanan yang harus dihadapi. Salah satunya rawan penyebaran malware dan kebocoran data.

Namun demikian, seperti dilaporkan Engadget, USB Implementers Forum (USB-IF) kini telah meluncurkan program autentikasi USB Type-C nan spesial.

Ya, USB-C itu diklaim mampu membantu mengurangi masalah terkait malware dan kebocoran data. Program mendefinisikan autentikasi berbasis kriptografi optimal untuk perangkat dan pengisi daya USB-C.

Sistem host apa pun yang menggunakan protokol tersebut bisa mengonfirmasi keaslian perangkat atau pengisi daya, termasuk deskriptor dan kemampuan tepat saat koneksi dibuat.

Sebagai contoh, jika khawatir tentang pengisian daya di terminal publik, ponsel bisa menerapkan kebijakan hanya memperbolehkan pengisian daya dari charger bersertifikat.

Sementara itu, sebuah perusahaan bisa menetapkan kebijakan untuk komputer alias desktop dengan memberikan akses hanya ke perangkat penyimpanan USB yang terverifikasi.

Menurut Engadget lagi, program itu hanyalah sebuah rekomendasi alias tidak ada implementasi yang diperlukan. Presiden USB-IF Jeff Ravencraft yakin kehadirannya akan menjadi kabel masa depan. [BA/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here