Wow! Hasselblad Rilis Kamera Beresolusi 400 Megapixel

Telset.Id, Jakarta – Perang megapiksel untuk kamera memang sudah berakhir, namun itu semua tidak membuat pabrikan kamera Hasselblad berhenti memberikan pilihan kamera dengan pixel yang besar mencapai 400 Megapixel.

Hasselblad baru saja meluncurkan produk kamera terbaru, yaitu MS H6D-400. Kamera dengan resolusi 400 megapiksel ini menggunakan teknologi sensor-shifting untuk menggabungkan beberapa foto menjadi foto yang berukuran 23.000 x 17.400 piksel.

Untuk mencapai resolusi 400 megapiksel tersebut, kamera Hasselblad MS H6D-400c menggunakan teknologi yang dinamakan multi-shot. Fitur canggih ini, mengambil enam foto terpisah dalam setiap kali shutter release.

Kemudian setiap exposure pada masing-masing individu gambar akan masuk ke dalam sensor kamera, sehingga gambar yang  ditangkap akan lebih banyak mengirimkan informasi dan data warna yang jauh lebih besar dibandingkan dengan  pengambilan gambar yang hanya satu kali.

Dan dalam waktu bersamaan pixel gambar akan digeser secara bersamaan dengan aktuator piezo yang sangat presisi, yang nantinya gambar yang dihasilkan kemudian digabungkan secara bersamaan untuk menciptakan elemen gambar dengan 400 megapiksel yang ‘mengerikan’.

Seperti yang diduga sebelumnya, ada keterbatasan untuk menggunakan fungsi ini. Kamera ini harus terhubung ke komputer melalui sambungan USB dan Anda harus menggunakan tripod untuk mendapatkan gambar yang terbaik.

Dan, kalau Anda tidak memerlukan piksel foto yang berukuran sangat besar saat pemotretan, MS H6D-400c juga memiliki opsi 100 megapiksel dengan hanya sekali tekan. Atau bisa juga menggunakan fitur Multi-Shot dengan menekan release shutter sebanyak empat kali

Jika Anda bertanya-tanya, siapa di dunia ini yang membutuhkan kamera dengan foto berkualitas 400 megapiksel? Ternyata, pihak Hasselblad sudah punya jawabannya.

“Kamera ini bisa menjadi pilihan terutama bagi institusi, organisasi dan museum di seluruh dunia untuk merekam obyek harta bernilai sejarah tinggi ke dalam sebuah gambar dengan kualitas yang terbaik,” terang pihak Hasselblad.

Dalam arti yang sederhana, sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh Hasselblad, dengan teknologi ini, seseorang dapat menghasilkan gambar digital dari karya seni dan juga artefak dengan kualitas tertinggi.

Kamera ini menggunakan slot kartu media ganda (kartu CFast 2.0 dan SD), layar touchscreen dengan ukuran 3 inchi di bagian belakang, dan juga beberapa port untuk input USB, HDMI dan Audio.

Pabrikan kamera asal Swedia ini akan mulai memasarkan kamera Hasselblad MS H6D-400c pada bulan Maret 2018, dengan harga berkisar USD 48.000 atau sekitar Rp 650 juta. [WW/HBS]

 

SOURCEDigital Trends
Previous articleBos Apple Janji Update Selanjutnya Atasi ‘iPhone Lemot’
Next articleInstagram Stories akan Punya Fitur “Type”, Seperti Apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here