Terkendala Modem, Mungkinkah Apple Rilis iPhone 5G di 2020?

iPhone 5G 2020

Telset.id, Jakarta – Sementara sejumlah pabrikan ponsel mulai mengutarakan niatnya untuk merilis ponsel 5G, belum ada tanda-tanda terkait rencana Apple untuk memperkenalkan iPhone 5G.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa perusahaan asal Cupertino ini akan meluncurkan perangkat serupa pada 2020.

Menurut laporan Phone Arena, analis UBS, Timothy Arcuri, memprediksi bahwa Apple baru akan mengeluarkan iPhone 5G pada 2021. Faktor utama keterlambatan ini tak lain kelangkaan pasokan chipset.

Dalam skenario pengadaan modem 5G, Apple memiliki opsi lima pemasok. Apple telah bermitra dengan Intel untuk kebutuhan modem iPhone XS dan iPhone XR. Namun, sampai sekarang, Intel tak juga membuat iPhone 5G.

{Baca juga: Sampai 2020, Intel Masih Suplai Prosesor 5G ke Apple}

Seperti dikutip Telset.id, Kamis (4/4/2019), Intel akan meluncurkan modem 5G secara perdana pada semester I-2020. Arcuri pun meyakini bahwa Intel akan meleset dari target sehingga Apple harus puas dengan jaringan 4G LTE pada 2020 nanti.

Lalu, bagaimana dengan Qualcomm? Qualcomm sudah memproduksi modem 5G dan akan dipasang di ponsel-ponsel unggulan. Apple semula memakai chipset buatan Qualcomm. Namun, kemudian, Apple dan Qualcomm malah berseteru soal paten.

Apple sebetulnya masih bisa berharap pada Samsung. Apalagi, perusahaan asal Korea Selatan ini juga memasok panel OLED untuk iPhone.

Namun, Samsung sepertinya memiliki ambisi sama untuk menjadi pemain awal di segmen ponsel 5G. Artinya, modem 5G Samsung akan dipakai sendiri.

{Baca juga: Buat Modem 5G Sendiri, Apple Buka Lowongan}

Pemasok lain modem 5G adalah Huawei. Tapi, Amerika Serikat sedang perang dagang dengan China. Pemerintah Negeri Paman Sam juga mencurigai Huawei sebagai mata-mata untuk pemerintah China. Amerika Serikat melarang keras produk Huawei.

Pemasok berikutya adalah MediaTek. Sayang, chipset buatan MediaTek  tak masuk standar Apple. Apple sempat dikabarkan membuat modem 5G sendiri. Namun, kapan hari, ahli chipset yang bekerja selama sembilan untuk Apple malah mengundurkan diri. [SN/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here