Tercepat Di Dunia, Kamera STAMP Hasilkan Gambar 4 Triliun Frame Per Detik

STAMP

Jakarta – Selama ini kita mendengar ada banyak jenis kamera, terkait kecepatannya mengambil gambar. Ada yang merekam sekitar 120 frame per detik, ada ada juga kamera berkecepatan tinggi yang dapat merekam puluhan ribu frame per detik. Kini, para peneliti di Jepang telah menciptakan kamera tercepat di dunia, yang tak hanya mampu merekam ribuan, tapi triliunan frame per detik.

Adalah kamera Sequentially Timed All-optical Mapping Photography (STAMP), perangkat yang disebut-sebut mampu menghasilkan 4 triliun frame per detik itu. Jumlah ini tentu saja jauh melampaui apa yang bisa dilakukan kebanyakan kamera berkecepatan tinggi. Demikian dilansir DigitalTrends.

STAMP demikian kamera itu disingkat, melakukan itu dengan menciptakan cara yang sama sekali baru untuk mengambil gambar. Jadi, jika biasanya kamera berkecepatan tinggi mengirimkan cahaya ke sebuah obyek dan menggali cahaya untuk menghasilkan gambar, STAMP melompati langkah itu dan bukannya mencatat rentetan gambar pada suatu waktu. Memungkinkan ini untuk merekam bahkan gambar lebih cepat yang menggambarkan peristiwa yang lebih rumit.

Sebelaumnya, MIT Media Lab juga pernah memamerkan kamera serupa pada tahun 2011, yang dapat merekam sekitar 1 triliun frame per detik. Pada kecepatan itu, Anda bisa benar-benar mulai untuk melihat pergerakan cahaya saat dibiaskan dan menyebarkannya melalui sebuah objek, seperti botol plastik.

Datang dengan ukuran yang terbilang sangat besar, yakni 1 meter persegi, STAMP jelas tidak ditujukan untuk mengambil gerakan manusia, melainkan reaksi kimia dan proses seperti konduksi panas.

Tujuannya adalah agar STAMP membantu pengamatan medis dan penelitian ilmiah lainnya. Pembuat STAMP juga berharap untuk meningkatkan resolusi perangkatnya, yang saat ini berada pada 450 x 450 piksel (yang banyak untuk kamera jenis ini) dengan beberapa perbaikan juga ke depannya.

Mesin yang besar dan kemungkinan sangat mahal ini masih jauh dari produk konsumen, tetapi mudah-mudahan akan membuka cara baru untuk belajar dan mengembangkan teknologi yang membuat dunia kita lebih baik. Tentu saja, disamping ini juga keren. (IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here