Telset.id, Jakarta – Oppo A95 dibuat dengan material yang berkualitas. Wajar rasanya kalau menyebut HP terbaru Oppo itu sebagai ponsel kelas menengah dengan build quality yang bagus. Walau diplot sebagai HP tahan banting, Oppo tetap memberikan layanan purna jual dan servis yang maksimal bagi para pengguna Oppo A95. Seperti apa?
Dalam sebuah acara bertajuk “Oppo A95: Quality Teardown & O-elite Certification”, perusahaan asal China yang menempati posisi pertama di pasar smartphone Indonesia versi IDC ini memperlihatkan kesiapan layanan purna jual dan servis perangkat.
Baca Juga: Review Singkat Oppo A95
Tak cuma itu, Oppo juga memperlihatkan proses teardown Oppo A95 untuk menunjukkan bagian komponen berkualitas yang membuat HP harga Rp 3 jutaan ini layak dibeli konsumen Indonesia.
“Oppo membuktikan kualitas A95 dengan melakukan sesi bongkar perangkat untuk menunjukkan bagian komponen berkualitas yang membuat smartphone ini layak dibeli konsumen, terlebih perangkat ini kami rekomendasikan sebagai pilihan hadiah Natal dan Tahun Baru 2021,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia.
“Kami juga bertujuan memberikan gambaran kesiapan dukungan dari layanan purna jual Oppo dengan teknisi-teknisi handal tersertifikasi. Pada kesempatan ini, perangkat dibongkar oleh salah satu teknisi wanita yang baru saja menyelesaikan tingkatan sertifikasi teknisi secara global,” sambung Aryo.
Sesi teardown dilakukan oleh seorang wanita yang merupakan teknisi berpengalaman dan baru saja lulus untuk memperoleh tingkatan sertifikasi yang lebih tinggi.
Sertifikasi sangat dibutuhkan agar dalam setiap melakukan pembongkaran perangkat smartphone dapat terhindar dari kegagalan yang menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat yang dilakukan perbaikan.
Baca Juga: Oppo A95 Sukses Lewati Uji Ketahanan Ekstrem
Oppo sendiri menyarankan untuk melakukan pembongkaran perangkat harus dilakukan oleh teknisi bersertifikat, tidak untuk dilakukan oleh konsumen sendiri. Dari sesi teardown perangkat inilah terlihat berbagai kualitas komponen dari Oppo A95.
Teknisi Andal untuk Servis Oppo A95
Tahap sertifikasi yang rutin dilakukan oleh Oppo Service Center memastikan tenaga teknisi dan service assistant lebih siap menangani berbagai keluhan atau masalah pengguna pada perangkat Oppo.
Kegiatan ini dilakukan tiap 6 bulan sekali untuk menghasilkan berbagai tingkatan sertifikasi yang ditandai dengan pembubuhan tanda bintang pada setiap nama teknisi atau service assistant.
Setiap kegiatan sertifikasi ini akan dipantau langsung oleh pabrik pusat Oppo yang berada di Dongguan, Tiongkok. Para penguji dari pabrik Oppo di Tiongkok akan memantau secara daring proses sertifikasi termasuk berbincang langsung dengan para peserta melalui sesi wawancara.
Di Indonesia sendiri, program ini diselenggarakan secara terpusat, di mana beberapa teknisi dan service assistant terseleksi dari berbagai daerah akan bertemu di Jakarta.
Baca Juga: Review Baterai Oppo A95
Tentunya program ini dilaksanakan Oppo Service Center untuk memberikan sebuah kepercayaan kepada konsumen dalam menangani setiap permasalahan perangkat dan untuk servis Oppo A95 maupun perangkat lainnya. Konsumen tidak perlu khawatir terhadap kualitas sumber daya manusia dari teknisi Oppo Service Center.
Bahkan, untuk menjamin semua trasnparansi proses perbaikan, Oppo Service Center menetapkan sistem perbaikan face to face dimana konsumen dapat melihat proses perbaikan secara langsung yang dilakukan oleh para teknisi bersertifikat. (HR/MF)