Melihat Jeroan Poco M4 Pro dari Dekat, Ada NFC dan Sistem Pendingin

Telset.id, Jakarta – Saat merilis Poco M4 Pro, Poco Indonesia mengklaim bahwa HP terbaru ini merupakan ponsel yang dapat memberikan pengalaman maksimal untuk hiburan, game, sampai kerja. Tak sekadar gimmick belaka, Poco pun membuktikan ucapannya melalui sesi teardown Poco M4 Pro di hadapan awak media.

Sesi ini memperlihatkan kualitas serta komposisi hardware dari smartphone harga Rp 2 jutaan tersebut. Proses membongkar bodi ponsel sendiri dilakukan oleh profesional dan menggunakan alat khusus.

Andi Renreng selaku Head of Marketing Poco Indonesia mengatakan, pengguna tidak disarankan untuk melakukannya sendiri karena berpotensi membuat garansi hangus.

Jika pengguna berkeras membongkarnya, teknisi Poco bisa mengidentifikasinya melalui segel khusus. Apabila segel rusak, itu berarti perangkat sudah dibongkar di luar service center resmi.

Baca juga: Spesifikasi Poco X4 Pro

Teardown Poco M4 Pro

Proses teardown ini diawali dengan memanaskan ponsel beberapa saat, kemudian membuka bodinya perlahan dengan alat pembuka casing. Setelah terbuka, terpampang dengan jelas jeroan dari HP Xiaomi terbaru itu.

Dieksekusi langsung oleh Jeksen selaku Product Marketing Manager Poco Indonesia, ia dengan hati-hati mencopot beberapa baut dan komponen lainnya.

Ia menjelaskan, Poco M4 Pro sudah mengantongi rating IP53 tahan percikan air dan debu. Itu ditandai dengan adanya karet untuk melindungi lubang atau port dari ponsel.

Melihat Jeroan Poco M4 Pro dari Dekat, Ada NFC dan Sistem Pendingin

Selain itu, ponsel ini pun memiliki bobot yang ringan di kelasnya. Hal itu karena Poco menggunakan bodi dan bingkai berbahan polikarbonat berkualitas tinggi.

Beberapa bagian diperlihatkan Jeksen kepada awak media. Salah satunya adalah kamera. Smartphone ini memiliki sensor kamera 64MP yang dipasangkan dengan kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP, serta kamera selfie 16MP.

Teardown Poco M4 Pro

Menariknya, Poco M4 Pro ternyata memiliki sistem pendingin khusus untuk menjaga suhu tetap rendah saat mengisi daya, dipakai bermain game, ataupun aktivitas lainnya.

Sistem pendingin bernama LiquidCool Technology 1.0 Plus itu diletakkan di sekitar mainboard bersama dengan lembaran thermal graphite di atas baterai yang berfungsi untuk memindahkan panas.

Baca juga: Daftar HP Harga Rp 2 Jutaan

Teardown Poco M4 Pro

Di bagian mainboard, selain adanya komponen utama seperti prosesor, terdapat juga NFC. Ini merupakan salah satu fitur yang menarik untuk sebuah HP harga Rp 2 jutaan.

Dengan NFC, pengguna bisa mengecek maupun mengisi saldo e-money secara langsung tanpa harus ke minimarket maupun ATM.

Spesifikasi dan Harga Poco M4 Pro

Melihat Jeroan Poco M4 Pro dari Dekat, Ada NFC dan Sistem Pendingin

Smartphone ini hadir dengan layar Super AMOLED yang terbentang seluas 6,43 inci. Resolusinya Full HD+, mendukung kecerahan maksimal hingga 1.000 nits, sudah refresh rate 90Hz, dan touch sampling rate 180Hz.

HP terbaru Poco ini ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G96 dengan RAM 6 GB/8 GB, memori penyimpanan 128 GB/256 GB, serta baterai 5.000 mAh dengan fast charging 33W.

Baterai Poco M4 Pro dilengkapi dengan teknologi MMT atau middle-middle tab. Dengan teknologi ini, proses pengisian daya dimulai dari tengah modul baterai sehingga distribusi daya akan tersebar merata hingga bagian atas dan bawah, untuk menghasilkan kecepatan pengisian yang konsisten.

Baca juga: Harga Poco M4 Pro Indonesia

Selain itu, ada teknologi Mi-FC yang mampu menjaga performa charging dan voltase agar tetap optimal, sehingga mampu memberikan efisiensi waktu yang maksimal saat mengisi daya.

Poco M4 Pro tersedia dalam 3 pilihan warna, yakni Poco Yellow, Cool Blue dan Power Black. Harga Poco M4 Pro tersedia dalam 2 varian, yakni varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB dibanderol Rp 2,9 juta.

Sementara harga Poco M4 Pro untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB dijual seharga Rp 3,4 juta. (MF)

SPESIFIKASI POCO M4 PRO
Rilis 29 Maret 2022
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, MIUI 13 for POCO
Chipset Mediatek Helio G96 (12 nm)
CPU Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G57 MC2
RAM 6 GB, 8 GB
Memori 128 GB, 256 GB
Dimensi 159.9 x 73.9 x 8.1 mm (6.30 x 2.91 x 0.32 in), 179.5 gram
Layar Super AMOLED 6.67 inch 1080×2400 pixels, 20:9 ratio, 120Hz, touch sampling rate 360Hz
Kamera Utama 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP, (macro)
Kamera Depan 16 MP (wide), HDR
Beterai Li-Po 5.000 mAh, Fast charging 33W
Warna Power Black, Poco Yellow, Cool Blue
Harga Mulai dari Rp 2,9 juta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0