Tak Mau Kalah, Microsoft Ikutan Bikin Ponsel Lipat

Telset.id, Jakarta – Microsoft nampaknya ogah tertinggal dalam perlombaan adu gengsi teknologi dengan rivalnya, khusus para produsen smartphone. Perusahaan yang bermula dari bisnis pembuatan perangkat lunak atau software ini dikabarkan akan menyusul Samsung, Lenovo, Huawei, Xiaomi dan Oppo  untuk membuat ponsel lipat.

Bukan Microsoft jika hanya membuat produk dengan meniru produsen selular lain. Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) ini melakukan terobosan dengan membuat ponsel lipat dengan menggunakan engsel. Jadi layar ponsel tersebut bisa dilipat layaknya notebook lipat, hingga 360 derajat.

Baca Juga : Ponsel Layar Lipat Huawei Berteknologi 5G

Bocoran produk anyar ini dilansir phonearena, Jumat (12/10/2018) dari Paket Bahasa Andromeda yang dirilis Microsoft pekan lalu yang menyertakan sejumlah rangkaian kode yang menunjukkan bahwa rancangan perangkat yang dapat dilipat mereka akan bisa digunakan untuk menelepon.

Sebenarnya perusahaan yang didirikan Bill Gates ini telah mengajukan paten gadget lipat itu pada Juli 2017. Tetapi Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) baru menerbitkan paten yang dijuluki “Perangkat Berengsel” hari ini.

Penerbitan paten ini juga ditampilkan beserta ilustrasi yang menunjukkan ada perubahan besar terhadap kumpulan paten pertama terkait dengan Surface Phone lipat Microsoft.

Dari ilustrasi paten ini, diketahui ponsel tidak menggunakan dua panel terpisah yang melipat ke dalam, tetapi menunjukkan satu layar fleksibel yang terbentang menyatukan dua bagian perangkat dengan engsel dan jembatan atau penahan yang bisa dilepas. Jembatan penahan ini berfungi supaya telepon tetap tegak jika dibuka penuh atau datar.

Desain layar panjang ini dianggap memudahkan pemakai jika perangkat tersebut dalam mode tablet karena tak ada garis yang memisahkan tampilan masing-masing sisinya. Ini juga membuat pengguna lebih mudah jika ingin menulis dengan pensil khususnya dan membaca teks tulisan atau e-mail.

Baca Juga : Ini Tanggal Peluncuran Smartphone Lipat Samsung

Kemungkinan Microsoft menyasar target pasar pebisnis untuk ponsel yang dinamakan Surface Pro lipat ini. Dengan keunggulan fitur lipatnya, pebisnis bakal lebih mudah melakukan pekerjaan yang biasanya memerlukan dua perangkat, yakni smartphone dan tablet.

Belum jelas kapan smartphone canggih ini akan dirilis. Bisa jadi Microsoft akan menggenjot proses produksinya untuk mengejar ketertinggalan dari para kompetitor yang akan meluncurkan ponsel lipat pawa tahun depan. [WS/IF]

Sumber : Phonearena

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here