Honor 30 Pro dan 30 Pro+: Layar Curved & Lensa Periskop

PREVIEW

spesifikasi Honor 30 Pro

Telset.id – Kemarin, Honor akhirnya resmi meluncurkan seri terbaru mereka yaitu Honor 30 series. Mirip seperti Huawei P series, Honor juga menghadirkan seri smartphone terbarunya ini dengan tiga model antara lain yaitu Honor 30, Honor 30 Pro dan Honor 30 Pro+. Bagaimana dengan spesifikasi Honor 30 Pro dan Honor 30 Pro+?

Produk ini tentunya menjadi penerus dari seri Honor 20 yang diluncurkan tahun lalu. Ada sejumlah peningkat spesifikasi yang ditambahkan, terutama pada layar dan kameranya.

Nah. berikut ini kami akan membahas secara singkat untuk spesifiaksi dari dua model Honor 30 yaitu Honor 30 Pro dan Honor 30 Pro+. Lalu apa yang ditawarkan oleh smartphone Honor terbaru ini? Simak preview singkat Honor 30 series berikut ini

{Baca juga: OnePlus 8, Menggoda dengan Peningkatan Spesifikasi Signifikan}

Spesifikasi

Pertama kita mengulas spesifikasi Honor 30 Pro. Kedua smartphone ini adalah model teratas yang dihadirkan Honor, disamping Honor 30 yang memiliki spesifikasi lebih rendah dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Kedua smartphone ini memiliki kemiripan jika dilihat dari desain yang dihadirkan.

Keduanya sama-sama mengusung layar berukuran 6.57 inci dengan panel OLED beresolusi FHD+. Layar Honor 30 Pro dan 30 Pro+ juga datang dengan konsep melengkung pada bagian sisinya.

Tapi tidak seperti P40 Pro yang memiliki lengkungan di empat sisi layar, kedua smartphone ini hanya menghadirkan lengkungan pada kedua sisi, kanan dan kiri. Tentunya ini membuat smartphone ini tampil lebih menawaan dengan desain bezelless.

Spesifikasi Honor 30 Pro

Spesifikasi Honor 30 Pro dari sisi layar pada kedua smartphone ini juga sudah mendukung refresh rate 90Hz dengan touch sampling rate 180Hz. Di bagian kiri atas layar terdapat lubang punch hole dengan dua kamera selfie yang terpasang. Layar ini juga sudah disematkan fitur fingerprint UD yang tertanam di dalam layar.

Bodi smartphone ini tentunya di dominasi dengan material kaca, dengan frame berbahan metal. Pada dapur pacunya, keduanya sama-sama menggunakan chipset Kirin chipset Kirin 990 5G. Chipset ini sama dengan yang digunakan pada perangkat Huawei P40 series.

Kirin 990 dibangun dengan litografi 7nm dengan delapan inti prosesor yang ditantaranya yaitu 1X Cortex-A76 2.58GHz, 3X Cortex-A76 2.40GHz dan 4X Cortex-A55 1.84GHz. Sedangkan untuk GPU-nya chipset ini menggunaka Mali-G77.

Kirin 990 juga menawarkan Kirin ISP 5.0, yang disebut-sebut membawa kinerja kamera terdepan dan pengurangan noise tingkat lanjut. Untuk kapasitas memorinya, Honor 30 Pro memiliki pilihan RAM dan storage diantaranya yaitu RAM 8GB/Storage 128GB.

Sedangkan untuk Honor 30 Pro+ hadir dengan pilihan RAM dan storage diantaranya yaitu 8GB RAM/256GB storage serta 12GB RAM/256GB storage. Untuk media penyimpanan tambahan, keduanya menyediakan slot NanoSD Card, yang terpasang secara hybrid bersama dengan slot SIM.

spesifikasi Honor 30 Pro

Kapasitas baterai keduanya juga sama-sama sebesar 4000mAh. Dukungan pengisian yang dihadirkan yaitu dengan fast chargin 40W. Namun untuk Honor 30 Pro+, smartphone ini juga disertai dengan dukungan pengisian Wireless 27W. Kedua perangkat ini dapat melakukan reverse charging dengan output 5W.

Dari spesifikasi yang telah kami sebutkan diatas, mungkin perbedaan keduanya masih terlihat sangat minim. Tapi yang berikutnya tentu akan terlihat sangat berbeda, yaitu pada aspek kamera.

Kamera

Kamera Honor 30 Pro mengalami pengingkatan dibandingkan dengan Honor 20 Pro. Jika sebelumnya mengusung Quad Camera dengan konfigurasi standar yaitu 48MP (normal) + 8MP (Telephoto) + 16MP (Ultra Wide) dan 2MP (Macro), pada seri terbaru ini membawa sensor kamera tele dengan teknologi periscope.

spesifikasi Honor 30 Pro

Untuk kamera utamanya, Honor 30 Pro mengusung sensor Sony IMX 600 RYYB 40MP F/1.8 dengan ukuran sensor 1/1,7 inci. Sedangkan Honor 30 Pro+ membawa sensor yang lebih tinggi yaitu Sony IMX 700 RYYB 50MP F/1.9.

Keduanya mengandalkan sensor 8MP F/3.4 dengan lensa periscope untuk kemampuan Zoom. Kameranya diklaim dapat melakukan Zoom secara optikal hingga 5X. Pada Honor 30 Pro+, kemampuan Hybrid Zoom-nya bisa mencapai 50X. Sensor ini juga sudah dibekali dengan teknologi OIS dan PDAF.

Dua sensor lainnya yang dihadirkan yaitu sensor ultra wide 16MP F/2.2 dan juga Depth sensor 2MP. Beragam kemampuan fotografi dimiliki smartphone ini seperti AI RAW, dan perekaman video hingga kualtias 4K 60FPS.

Sementara pada kamera selfienya, kedua smartphone ini membawa kamera selfie beresolusi 32MP F/2.0. Kamera tersebut juga didukung dengan sensor ultrawide 8MP F/2.2. Pengguna dapat merekam video hingga 4K 30FPS dan juga dukungan EIS menggunakan kamera selfie pada kedua smartphone ini.

{Baca juga: Huawei P40, Spesifikasi Kamera Handal Jadi Pesona Utama}

Harga

Untuk harga, Honor mematok kedua smartphone ini dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan P series milik Huawei. Untuk Honor 30 Pro dengan model 8GB/128GB dijual dengan harga CNY 3999 atau sekitar Rp 8,9 juta dan model 8GB/256GB dibanderol dengan harga CNY 4399 atau sekitar Rp 9,8 juta. Empat warna yang dibawa untuk produk ini yaitu Hitam, Hijau, Ungu dan Silver.

Sedangkan Honor 30 Pro+, smartphone ini dijual dengan harga CNY 4999 atau sekitar Rp 11 juta untuk model 8GB/256GB dan CNY 5499 atau sekitar Rp 12 jutaan untuk model 12GB/256GB. Smartphone ini tersedia dengan warna Hitam, Hijau dan Silver.

Honor akan mulai melakukan pre-order perangkat ini di China mulai dari tanggal 15 April 2020, dan penjualan perdana dijadwalkan pada tanggal 21 April.

Belum ada informasi kapan produk ini tersedia secara global. Di Indonesia sendiri, Honor tidak melanjutkan seri Honor 10 ke seri Honor 20. Jadi belum ada kabar apakah produk ini juga akan hadir di Indonesia. Meskipun brand Honor masih eksis di tanah air dengan produk lifestyle seperti smartband, earphone dan smartwatch. [IR/HBS]

Previous articleCara Belanja Sembako di GoFood, Praktis #DiRumahAja
Next articleDiserang Zoom Booming, Diskusi Wantiknas ‘Disuguhi’ Video Mesum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here