Gizmo

Sony akan Umumkan Seri Xperia Terbaru pada 14 April

Bayu Sadewo

Telset.id, Jakarta – Sony nampaknya masih belum sepenuhnya ingin mundur dari industri smartphone. Beredar kabar yang menyebutkan raksasa elektronik asal Jepang itu berencana meluncurkan seri ponsel Sony Xperia terbaru di bulan ini.

Menurut The Verge, Sony baru saja mengumumkan bahwa acara peluncuran seri ponsel Sony Xperia terbaru itu akan diadakan di Jepang pada 14 April 2021.

Kabar tersebut diperoleh dari sebuah banner di channel YouTube Xperia, yang menyatakan bahwa akan ada pengumuman produk baru pada 14 April 2021 pukul 16:30 Waktu Jepang atau sekitar pukul 14.30 WIB.

Namun di banner yang berisi pengumuman itu tidak menyebutkan secara pasti tentang nama dari seri ponsel Sony Xperia terbaru yang akan diluncurkan itu.

Namun ada rumor yang beredar menyebutkan bahwa Sony sedang menyiapkan beberapa seri ponsel baru, tapi yang paling gencar dirumorkan adalah Xperia 1 III. Sedangkan satu lagi ponsel yang rumornya akan dirilis adalah seri Xperia Compact terbaru.

Tapi masih menurut The Verge, ada rumor lain yang justru menyebutkan bentuk baru dari Xperia 5 dan 10 sepenuhnya akan meninggalkan model Compact. Lantas bagaimana dengan spesifikasinya?

Menurut sejumlah bocoran yang beredar, bahwa Xperia 1 III akan datang dengan layar HDR OLED 4K 6,5 inci dengan refresh rate 120 Hz, dan memiliki kedalaman warna 10 bit, dengan kecerahan maksimal mencapai 1300 it.

Sementara untuk dapur pacunya akan ditenagai prosesor terbaru dan tercanggih saat ini, yaitu Snapdragon 888 dengan kapasitas RAM 12 GB dan memori internal 512 GB. Untuk kapasitas baterainya sebesar 5000 mAh dan sudah didukung pengisian cepat 65W, dan sudah 5G.

Sedangkan untuk kameranya, Xperia 1 III akan dibekali kamera tiga kamera belakang, dengan konfigurasi kamera utama 64 MP, kamera ultra wide angle 12 MP, dan lensa periskop 12 MP yang diklaim mampu menampilkan zoom 60x “lossless”. Sementara untuk kamera depan belum ada informasinya.

New Sony Xperia Compact

Bocoran gambar Sony Xperia Compact (Foto: OnLeaks)

Sementara untuk spesifikasi Xperia Compact, bocorannya pertama kali disebarkan oleh Master Leakster Steve Hemmerstoffer di laman Voice miliknya. Menurut Hemmerstoffer, ponsel ini belum ada nama resminya, namun spekulasi yang beredar, ponsel ini kemungkinan akan diberi nama Xperia 1 III Compact atau Sony Xperia 5 II Compact.

Xperia Compact terbaru ini akan dirilis dengan ukuran layar 5,5 inci. Ponsel ini digadang-gadang akan menjadi pesaing iPhone 12 Mini, yang memiliki ukuran layar sedikit lebih kecil, 5,4 inci.

Jika melihat bocoran render yang sempat beredar, layar Sony Xperia Compact baru ini akan memiliki bezel yang tebal dibagian dagu dengan takik berbentuk tetesan air yang menjadi tempat kamera depan 8 MP disematkan. Desain ponsel ini tampak sedikit berbentuk kotak.

Kabarnya, ponsel akan ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 775 SoC. Ponsel ini akan memiliki pengaturan kamera belakang ganda dengan kamera utama 13 MP. Sony masih menyematkan jack headphone 3.5mm di bagian atas ponsel, yang kemungkinan akan melegakan bagi pengguna headphone berkabel.

Di sisi kiri, ponsel tampak memiliki pengatur volume, tombol kamera, dan tombol power yang berfungsi ganda sebagai sensor sidik jari. Sony Xperia Compact juga tampaknya memiliki port USB Type-C di bagian bawah.

Semua informasi ini masih sebatas rumor, alias belum terkonfirmasi keakuratannya. Sekarang kita hanya bisa menunggu kepastiannya pada 14 April mendatang saat Sony mengumumkannya secara resmi. Kita tunggu saja. [HBS]

 

Leave a Comment
Bayu Sadewo
Tags: sony xperia