Tiga Smartphone Ini Bakal Ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1

Telset.id, Jakarta – Selang beberapa hari setelah dirilis, Snapdragon 8+ Gen 1 siap memasuki pasar. Terbukti dengan diumumkannya beberapa smartphone terbaru yang ditenagai chipset tersebut.

Dikutip Telset dari Gadget 360 pada Minggu (22/5/2022), adalah Realme, Asus dan OnePlus, vendor yang telah mengumumkan keberadaan SoC Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 di salah satu perangkatnya.

Dimulai dari Realme, yang di situs Weibo-nya menjelaskan keberadaan Snapdragon 8+ di badan Realme GT2 Master Explorer Edition.

Perusahaan bahkan mengklaim kalau GT2 akan menjadi ponsel Android pertama yang dilengkapi oleh prosesor terbaru Qualcomm tersebut. Sayangnya tanggal peluncurannya belum diketahui.

Baca juga: Peluncuran Snapdragon 8 Gen 1+ Diundur Gegara Pandemi Covid-19

Sementara itu, Asus menjadi vendor lainnya yang telah mengkonfirmasi penggunaan Snapdragon 8+. Vendor asal Taiwan ini menyebut bahwa seri ROG Phone 6 akan disokong SoC terbaru Qualcomm itu.

Menurut perusahaan, ROG Phone 6 akan menjadi smartphone gaming pertama, yang menggunakan suksesor 8 Gen 1. Sama seperti GT2, belum diketahui kapan smartphone akan meluncur.

ROG Phone 6 merupakan penerus dari ROG Phone 5, dan menurut kabar yang beredar desainnya mirip dengan pendahulunya.

Ketiga adalah OnePlus. Lewat Weibo, OnePlus juga berencana untuk merilis smartphone dengan dukungan prosesor terbaru Qualcomm. Sayangnya OnePlus tidak memberiksan informasi mengenai nama smartphone tersebut.

Hanya saja perusahaan berjanji bahwa smartphone akan masuk pasar pada kuartal ketiga (Q3) tahun 2022 mendatang.

Meski kabar ketiga smartphone tersebut tidak utuh, namun hal ini menjadi pertanda kalau di tahun ini pelanggan akan segera mendapatkan smartphone dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1.

Qualcomm Rilis Snapdragon 8+ Gen 1 

Smartphone Snapdragon 8+ Gen 1

Qualcomm resmi merilis Snapdragon 8+ Gen 1 dan 7 Gen 1. Kedua prosesor ini diklaim memiliki performa CPU dan GPU yang lebih cepat serta lebih hemat baterai.

Qualcomm Snapragon 8+ Gen 1 menawarkan sejumlah peningkatan kinerja dibandingkan chipset generasi sebelumnya.

Sebagai contoh, main core prosesor ini dapat berjalan hingga 3,2 Ghz atau 200 Mhz lebih tinggi dibandingkan seri 8. Kemudian CPU dan GPU 10% lebih cepat dan performa 20% lebih baik per watt berkat dukungan mesin AI di dalam prosesor.

Baca juga: Snapdragon 8+ Gen 1 Rilis, Tawarkan Performa Unggul dan Hemat Baterai

Itu belum termasuk CPU dan GPU yang 30% lebih hemat baterai, serta semua teknologi mutakhir yang dikemas dalam Snadragon 8 Gen 1.

Teknologi yang dimaksud adalah rendering volumetrik, ISP yang mampu menangkap rekaman HDR 8K, Bokeh Engine untuk video, sensor kamera hingga 200MP, modem X65 5G berkualitas tinggi dan keamanan perangkat bawaan dari Qualcomm Secure.

Mengenai fabrikasi chipset, prosesor Qualcomm tersebut dibangun dengan fabrikasi 4 nm, sama seperti pendahulunya. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0