Smartphone Premium Masih Didominasi iPhone dan Samsung

Telset.id, Jakarta – Tahun 2018 memang telah lewat. Namun, ada kabar menarik soal penjualan ponsel di sepanjang tahun lalu. Pengiriman ponsel global turun lima persen di kuartal ketiga 2018. Tapi menariknya, segmen smartphone premium justru mengalami pertumbuhan, dengan iPhone dan Samsung sebagai jawaranya.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Counterpoint, sepanjang Juli, Agustus, dan September 2018, penjualan ponsel pintar mencapai USD 400 atau menyumbang 22 persen lebih di pasar global. Angka tersebut terpantau meningkat 19 persen daripada penjualan tahun sebelumnya.

Menurut Phone Arena, iPhone milik Apple menyumbang hampir setengah dari seluruh penjualan smartphone selama kuartal ketiga 2018. Di belakang Apple, ada Samsung yang menyumbang 22 persen penjualan, kemudian diikuti Huawei 12 persen.

Membagi segmen berdasarkan harga, Samsung mendominasi pasar dengan angka USD 400-600 sebanyak 25 persen. Di sisi lain, Apple dan Huawei duduk di tempat kedua dan ketiga dengan alokasi masing-masing 21 persen dan 17 persen.

{Baca juga: Survei: Jutaan Orang Rela ‘Ngutang’ Demi iPhone Anyar}

Bagaimana dengan produsen China? Vivo dan Oppo menduduki kelompok lima besar berkat popularitasnya di negara asal. Sementara untuk posisi keenam, ditempati Xiaomi dengan market share 6 persen.

Untuk segmen premium dengan range harga USD 600-800, didominasi Apple dan Samsung dengan market share gabungan 82 persen. Namun demikian, hanya Apple yang mampu mempertahankan popularitasnya di segmen USD 800 ke atas. [BA/HBS]

Sumber: PhoneArena

 

Previous articlePendukung ISIS Bajak Akun Twitter Lawas untuk Propaganda
Next articleXiaomi Rekrut Mantan Bos Jinli Group, Apa Tugasnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here