Gizmo

Smartphone Lipat Oppo Mirip Samsung Galaxy F?

Naufal Mamduh

Telset.id, Jakarta – Beberapa vendor smartphone nampaknya tak mau kalah dengan Samsung untuk menciptakan smartphone lipat dengan layar fleksibel. Baru-baru ini, muncul konsep desain smartphone lipat Oppo yang telah dipatenkan, dan cukup menyerupai desain dari smartphone lipat Samsung.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo, Jumat (23/11/2018), desain smartphone lipat Oppo cukup mirip dengan smartphone lipat Samsung yang disinyalir bernama Galaxy F tersebut.

Sekadar informasi, smartphone lipat Samsung pertama kali dipamerkan dalam acara Samsung Developer Conference (SDC) beberapa minggu lalu.

Saat smartphone lipat Samsung dibuka, maka akan tampil sebuah tablet dengan layar berukuran besar, tepatnya 7,3 inci. Namun ketika dilipat, ukurannya akan sama persis seperti smartphone pada umumnya yang tidak terlalu besar dan mudah digunakan oleh satu tangan saja.

Sepertinya, konsep desain ini “menjadi inspirasi” bagi vendor smartphone saat mengembangkan smartphone lipat versi mereka sendiri. Sehingga, tidak terlalu mengejutkan jika Oppo pun mengadopsi konsep yang hampir sama.

Di tahun lalu, Oppo sebenarnya telah mematenkan desain smartphone lipatnya. Pada paten tersebut pola lipatan ponsel dari atas ke bawah bukan melipat dari kiri ke kanan seperti yang dipatenkan sekarang.

Sedikit berbeda dengan konsep smartphone lipat sekarang, Oppo merancang layar smartphone agar hanya dapat ditekuk sebesar 25% sampai 35% dari layar secara keseluruhan.

Dengan adanya kamera depan di bagian atas, ada kemungkinan desain tersebut memungkinkan satu kamera yang bisa digunakan sebagai kamera depan atau kamera belakang, mirip seperti Oppo N1 yang punya satu kamera putar yang bisa jadi kamera depan atau kamera belakang.

Tapi karena layarnya bisa ditekuk, mungkin konsep desain Oppo ini akan sedikit mirip dengan desain dari Meizu Pro 7 yang punya layar tambahan di belakang layar, yang memudahkan pengguna untuk “selfie” memakai kamera belakang. (NM/FHP)

Leave a Comment