telset

Smartphone dengan RAM Besar Jadi Incaran Konsumen Selama Pandemi

Telset.id, Jakarta – Pandemi virus corona tak dimungkiri telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Termasuk cara mereka memilih smartphone. Usut punya usut, smartphone dengan RAM besar jadi yang paling diburu saat ini.

Berdasarkan data dari Telunjuk.com yang terkumpul dari tiga situs belanja online seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak, masyarakat memiliki kecenderungan untuk mencari dan membeli gadget yang lebih “kuat”.

Misalnya, pengguna lebih mencari smartphone dengan kapasitas RAM yang lebih besar untuk menunjang produktivitas dan hobi selama beraktivitas jarak jauh.

Sebelumnya, penjualan smartphone sempat lesu di bulan Maret. Rata-rata penjualan smartphone dengan kapasitas RAM 2 GB hingga 8 GB menurun 53.19% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

{Baca Juga: 10 Smartphone dengan RAM 6GB Termurah 2020}

Namun demikian, ketertarikan atas smartphone dengan RAM besar seperti dengan kapasitas RAM 6 GB dan 8 GB tetap terlihat dengan peningkatan penjualan yang signifikan pada bulan April 2020.

Jika disimak, peningkatan ini terjadi ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pertama kali diberlakukan di DKI Jakarta.

“Jika dulu RAM 4GB sudah cukup memuaskan untuk sebagian besar pengguna, ​kini smartphone ​juga menawarkan kapasitas RAM hingga 12GB,” ujar Arya Ospara, Head of User Engagement and User Acquisition.

Menurutnya, perubahan rutinitas masyarakat yang bekerja dan belajar di rumah juga mempengaruhi kebutuhannya atas teknologi yang mumpuni dengan tujuan meningkatkan performa dan produktivitas sehari-hari

Jika dibandingkan dengan bulan Maret, penjualan smartphone dengan RAM 6 GB meningkat 39,44% dan 8 GB meningkat 78,23% pada bulan April.

Sedangkan smartphone dengan kapasitas RAM 4 GB justru mengalami penurunan sebanyak 4,43%.

Hal tersebut menunjukkan bahwa keterbatasan ruang gerak masyarakat di bulan April membawa pengaruh atas kebutuhan dan keinginannya untuk memiliki smartphone dengan spesifikasi dan performa yang lebih baik.

“Smartphone ​dengan RAM 6GB kini juga dapat ditemukan di kelas ​mid-end ​dengan kisaran harga Rp 2 juta sampai Rp5 juta untuk menjawab kebutuhan berbagai lapisan masyarakat di situasi seperti sekarang,” sambung Arya.

{Baca Juga: 10 HP Baterai Besar Harga Rp 1 – 2 Jutaan, Bikin Lupa Ngecas}

Di sisi lain, smartphone dengan resolusi kamera utama 13 MP masih menjadi primadona dengan penjualan unitnya yang paling banyak dibandingkan smartphone ​dengan resolusi kamera lainnya.

Namun demikian, dari sisi pertumbuhan penjualan di masa PSBB, smartphone dengan resolusi kamera 32 MP menjadi yang paling signifikan peningkatannya di pasar.

Peningkatannya sebesar 17,06% di bulan April dibandingkan bulan sebelumnya meskipun minatnya sempat turun sebesar 75,97% sebulan setelah Covid-19 menghantam negeri.

Menariknya, selama 3 bulan terakhir, smartphone ​dengan resolusi kamera 12 MP dan 64 MP memiliki jumlah unit terjual yang persis dengan rata-rata penjualan 8.933 unit.

{Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru}

Dengan ruang gerak terbatas, masyarakat lebih memilih untuk memiliki smartphone dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

RAM yang menjadi tolak ukur kapasitas ruang penyimpanan program dan data aplikasi menjadi sangat berpengaruh untuk meningkatkan performa smartphone terutama saat membuka aplikasi. (HR/IF)

8 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0