Siap-siap! Nvidia Bakal Jual RTX 3050 dengan Harga Murah

Telset.id Jakarta – Nvidia saat ini sedang memperluas jajaran kartu grafis RTX 30 Series di pasaran. Upaya tersebut dilakukan dengan menghadirkan varian RTX 3050 dengan harga lebih murah.

Sebelumnya Nvidia lebih dikenal dengan produknya yang berkinerja tinggi dan harga yang kompetitif dengan mengembangkan model baru dibandingkan memodifikasi model yang sudah ada.

Namun, tampaknya keberadaan GeForce RTX 3050 dengan kapasitas VRAM 6GB akan menjadi opsi untuk Nvidia menghadirkan GPU harga murah.

BACA JUGA:

Pada Januari 2022 lalu, Nvidia meluncurkan kartu grafis RTX 3050 yang dilengkapi memori GDDR6 8 GB dan 3072 CUDA cores, dengan harga $249 atau sekitar Rp 3,8 jutaan. 

Meskipun ada perdebatan mengenai kinerjanya, harganya yang terjangkau menjadikannya pilihan yang cepat populer di pasaran. Tapi, perusahaan tidak berhenti di situ dan mulai mengerjakan versi yang lebih hemat biaya, dengan RTX 3050 6GB.

Baru-baru ini, daftar produk model Palit RTX 3050 6GB dari pengecer Rusia telah meluncurkan GPU yang terjangkau, berdasarkan laporan Gizmochina

Menurut daftar tersebut, kartu grafis tersebut memiliki clock dasar 1042MHz, yang jauh lebih rendah dibandingkan RTX 3050 8GB saat ini, pada 1,552MHz. Menariknya, boost clock-nya tetap tidak berubah di 1.777MHz, begitu pula jumlah CUDA cores-nya masih di 2.560.

Tentu saja, banyak konsumen yang memprioritaskan keterjangkauan di atas segalanya dan Nvidia mengetahui hal itu. Namun, jika pengguna berpikir untuk menunggu Nvidia RTX 3050 6 GB saat membeli kartu grafis, ada baiknya mempertimbangkannya. 

Meskipun memiliki jumlah CUDA Core yang sama, tetapi ini memiliki clock dasar dan VRAM relatif rendah. 

Oleh karena itu, pengguna mungkin tidak bisa mendapatkan performa yang diinginkan pada game yang ingin dimainkan.

Namun, untuk game dan tugas yang tidak terlalu berat, ini bisa menawarkan penghematan.

BACA JUGA:

Selain itu, beberapa laptop gaming sudah memiliki RTX 3050 dengan VRAM yang lebih sedikit, dan memeriksa uji performa pada model ini dapat memberi gambaran mengenai performa model yang lebih rendah.

Satu hal yang paling penting adalah saat ini kita masih belum mengetahui kapan RTX 3050 varian 6GB hadir di pasar Indonesia, sehingga kita perlu menunggu beberapa saat lagi hingga GPU ini masuk di tanah air. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI