Siap-siap! Duo Galaxy A8 dan A8+ Segera Masuk Indonesia

Telset.id, Jakarta – Samsung pada akhir 2017 lalu telah memperkenalkan Galaxy A8 dan Galaxy A8+. Smartphone mid-end pertama dengan kamera selfie dan Infinity Display dari Samsung ini kemungkinan tak lama lagi akan menyambangi Indonesia, karena telah masuk tahap uji perangkat di Ditjen Postel.

Dari kabar yang beredar sebelumnya, kedua smartphone ini akan diluncurkan di beberapa negara di Asia. Vietnam menjadi negara pertama yang beruntung dan berkesempatan mencicipi smartphone ini, dan dilanjutkan ke India. Selain kedua negara tersebut, Indonesia nampaknya juga telah masuk daftar antrian.

Terbukti, dari pantauan tim Telset.id, Galaxy A8 dan A8+ sudah muncul di situs Ditjen Postel untuk medapatkan sertifikasi perangkat, sebelum nanti boleh dipasarkan di Indonesia.

[Baca juga: Galaxy A8 dan A8+(2018) Bawa Kamera Depan Ganda dan Layar Infinity]

Kedua smartphone tersebut hadir dengan kode SM-A730F untuk Galaxy A8+ dan SM-A530F untuk Galaxy A8. Sertifikasi ini disahkan oleh Ditjen Postel pada 2017 silam.

Untuk spesifikasinya sendiri, Galaxy A8 dan A8+ akan menggunakan prosesor Exynos 7885. Bedanya, A8 hanya akan hadir dengan varian RAM 4GB dan penyimpanan internal 32GB serta 64GB.

Sedangkan Galaxy A8+ akan memiliki dua varian, yakni RAM sebesar 4GB atau 6GB, dengan pilihan penyimpanan internal sebesar 32GB serta 64GB. Keduanya juga mendukung memori eksternal hingga 256GB.

Perbedaan lainnya adalah terdapat dari besaran layar. Jika A8 hanya akan mengusung layar Super AMOLED sebesar 5,6 inci, maka A8+ akan hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 6 inci. Sedangkan untuk resolusi layar, keduanya menggunakan resolusi FHD + 1080×2220 pixel.

[Baca juga: Smartphone Bekas Samsung Paling Laku]

Begitu pula dengan besaran baterai yang digunakan ada perbedaan, diaman Galaxy A8 akan menggunakan baterai berukuran 3.000mAh, sedangkan Galaxy A8+ memiliki kapasitas baterai yang lebih besar 3.500mAh. Keduanya sudah mendukung teknologi Fast Charging melalui tipe colokan USB type C.

Sementara untuk kamera, kedua smartphone ini akan dibekali kamera selfie ganda masing-masing kamera FF 16MP dengan apperture F1.9 serta 8MP dengan apperture F1.9. Sedangkan untuk kamera belakang menggunakan sensor 16MP CMOS PDAF dengan apperture F1.7.

Sayangnya, masih belum diketahui kapan pihak Samsung Indonesia akan meluncurkan kedua perangkat ini. Soal harga, kemungkinan Galaxy A8 akan dibanderol pada kisaran harga Rp 6,5 juta, sedangkan Galaxy A8+ sekitar Rp 8 juta. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here