Sensor Fingerprint di bawah Layar Ponsel? Kok Bisa?

ThinkStockPhoto

Telset.id, Jakarta – Seiring dengan semakin tersingkirnya bingkai smartphone dan semakin lebarnya layar depan ponsel, kini tidak ada lagi ruang yang didesikasikan bagi sensor sidik jari di bagian depan ponsel. Karena itulah, banyak produsen akhirnya memindahkan sensor fingerprint jadi ke bagian samping atau belakang ponsel atau bahkan menghilangkannya sama sekali.

Tapi, tampaknya masih ada hal lain yang bisa dilakukan. Di CES 2018, produsen ponsel China, Vivo justru memamerkan sensor sidik jari yang mereka letakkan di bawah layar sentuh bagian depan.

Vivo telah melakukan inovasi ini di beberapa tahun belakang dan kali ini di tahun 2018, mereka siap untuk segera merilisnya ke pasaran.

[Baca juga: Vivo Pamer Smartphone dengan Sensor Sidik Jari di layar]

Pihak perusahaan telah mengumumkan hal ini pada 2017 lalu dengan menjelaskan bahwa mereka tengah mengembangkan prototype ponsel dengan teknologi sensor fingerprint ‘di dalam’ display ponsel. Teknologi ini menggunakan sensor ultra-sonic dan diciptakan dengan dukungan dari Qualcomm.

Versi baru dari teknologi pemindaian sidik jari ini berbasiskan optic dan telah dikembangkan oleh Sypnatic. Singkatnya, cara kerja teknologi ini terletak pada panel layar OLED yang memancarkan cahaya ketika Anda menempelkan sidik jari di atas layar depan.

Pancaran cahaya itulah yang kemudian akan memantulkan sidik jari ke dalam sensor dan saat itulah sidik jari Anda akan terverifikasi.

Seperti dilansir Mashable, prosesnya memang memakan waktu sedikit lebih lama dari dibandingkan Touch ID di iPhone atau ponsel fingerprint sensor di Android, tapi sepertinya Anda tidak perlu sering-sering mendaftarkan sidik jari Anda, jadi ini bukan masalah besar.

Jadi, setelah sidik jari Anda didaftarkan, maka seolah-olah ada sensor sidik jari fisik di bawah layar yang berfungsi untuk membuka kunci ponsel Anda. Cukup letakkan jari Anda di atas ikon dan tekan dengan lembut, maka layar ponsel akan terbuka.

Alasan Vivo meletakkan teknologi ini tetap di bagin depan ponsel adalah karena konsumen telah terlajur terbiasa dengan sensor sidik jari di bagian depan. [WW/HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here