telset

Samsung Garap Sensor Kamera 600 MP, Melampaui Mata Manusia

Telset.id, JakartaSamsung dikabarkan tengah disibukkan dengan menggarap sensor kamera HP dengan resolusi 600 MP. Tentunya ini merupakan sensor yang cukup besar dengan kemampuan menakjubkan jika digunakan pada smartphone.

Kabar Samsung yang tengah membuat sensor kamera smartphone 600 MP diperoleh dari pembocor ulung, Ice Universe, yang sering tepat dalam memberikan bocoran.

Melalui cuitannya di Twitter, ia menunggah sebuah slide presentasi yang terlihat seperti dokumen perusahaan dan bertuliskan Samsung tengah membuat sensor 600 MP untuk smartphone.

Bocoran ini sejalan dengan pernyataan Executive Vice President of Samsung’s sensor business unit, Yongin Park. Pada awal tahun ini, Park mengungkapkan keinginan perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut untuk membuat sensor kamera yang dapat melampaui kemampuan mata manusia.

{Baca Juga: Samsung Galaxy S21 Dipastikan Pakai Prosesor Snapdragon 888}

Seperti dilansir Telset dari Phonearena, Senin (7/12/2020) dikatakan bahwa resolusi mata manusia berada pada 576 megapiksel. Dari segi angka, tentunya 600 MP bakal melampauinya.

Dalam sebuah editorial yang ditulis oleh Park, meningkatkan jumlah megapiksel tidak semudah kedengarannya. Itu akan meningkatkan ukuran dan akan membuat gambar terlihat kusam.

Dalam dokumen yang diposting oleh Ice Universe terlihat bahwa sensor tersebut menjadi solusi dari video 4K dan 8K yang diprediksi akan menjadi tren kedepan. Sensor tersebut dikatakan dapat melakukan zoom tanpa mengurangi kualitas gambar.

{Baca juga: Bocoran Spesifikasi Lengkap Trio Samsung Galaxy S21 Terbaru}

Sensor 600 MP yang kabarnya tengah digarap oleh Samsung bakal menggunakan pixel 0.8µm dan berukuran 1/0.57 inci. Karena besarnya sensor tersebut, sensor ini bakal memakan 12 persen area smartphone dan menghasilkan tonjolan hingga 22mm.

Sebagai perbandingan, pada Galaxy Note 20 memiliki memiliki ketebalan hingga 8,3 mm. Dengan modul kamera yang memiliki ketebalan 22mm, tentu nantinya bakal membuat smartphone terlihat sangat aneh.

Untuk mengakali masalah tersebut, Samsung dilaporkan akan menggunakan teknologi ISOCELL, guna memastikan tonjolan kamera yang tidak terlalu besar.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Tidak heran jika Samsung berhasil mengecilkan ukuran piksel buatannya. Mengingat, mereka adalah perusahaan smartphone pertama yang memperkenalkan sensor dengan piksel 0.7µm pada tahun 2019 yang lalu.

Saat ini sensor kamera smartphone terbesar adalah 108 MP. Maka dari itu, sebelum masuk ke kamera 600 MP, tentunya kita akan terlebih dahulu berjumpa dengan sensor 150 MP atau 250 MP. Bisa dibilang, kita belum akan melihat sensor 600 MP dalam waktu dekat. (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0