Gizmo

Samsung Pimpin Pasar HP Global di Tengah Perang Rusia-Ukraina

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Di tengah pertumbuhan pasar smartphone yang menurun, Samsung justru mendominasi pasar HP secara global di Q1-2022. Menurut laporan terbaru dari Canalys, secara umum pengiriman ponsel pintar di seluruh dunia sedang menurun hingga 11%.

Canalys menjelaskan, penurunan pengiriman terjadi karena krisis perang Rusia dan Ukraina, kebijakan lockdown di China, inflasi global, dan krisis komponen yang masih terjadi.

“Kabar baiknya adalah bahwa kekurangan komponen yang menyakitkan mungkin membaik lebih cepat dari yang diharapkan, yang tentunya akan membantu meringankan tekanan biaya,” jelas laporan Canalys.

Baca juga: Apple Jadi Raja Pasar Smartphone Dunia

Namun di tengah penurunan yang terjadi, masih ada vendor yang mampu bertahan dan masuk dalam 5 besar vendor dengan pangsa pasar tertinggi. Pada kuartal pertama 2022, Samsung memimpin pasar HP global dengan mengisi posisi pertama dengan marketshare 24% atau meningkat 2% dibandingkan Q1 2021.

Faktor yang membuat produsen asal Korea Selatan itu memimpin pasar karena seri Samsung Galaxy S22 5G dan Samsung Galaxy A Series merupakan produk yang laku di pasaran.

“Samsung merebut kembali posisi teratas dengan penjualan yang kuat dari flagships Galaxy S22 5G dan permintaan yang kuat untuk Galaxy A Series,” ungkap Canalys.

Di bawahnya ada Apple dengan peningkatan pangsa pasar smartphone sebesar 3% menjadi 18%. Hasil ini diperoleh Apple berkat penjualan iPhone SE 5G 2022 dan iPhone 13 yang kuat.

Kemudian Canalys juga menilai tren Apple di Q1 2022 tergolong wajar, karena pangsa pasar perusahaan raksasa Cupertino itu biasanya baru akan meningkat di Q4 atau setelah mereka meluncurkan iPhone seri terbaru.

“Seperti biasa, peluncuran iPhone menjelang akhir tahun menyebabkan Apple melonjak di Q4,” tutur Canalys, seperti dikutip Telset dari GSMArena pada Kamis (21/4/2022).

Pangsa pasar smartphone global di Q1 2022 versi Canalys (Sumber foto: GSM Arena)

Sayangnya tren positif Samsung dan Apple tidak diikuti oleh produsen HP asal China seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo. Xiaomi yang berada di posisi ketiga mengalami penurunan pangsa pasar 1% menjadi 13%.

Baca juga: IDC: Oppo Dominasi Pasar HP Indonesia

Begitu juga dengan Oppo yang harus puas di posisi keempat dengan pangsa pasar 10%, yang apabila disandingkan dengan tahun lalu cenderung turun 1%. Posisi kelima ada Vivo yang pangsa pasarnya 8% atau turun 10%. (NM/MF)

Leave a Comment