Trio Samsung Galaxy Tab S8 Diumumkan, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Telset.id, Jakarta – Selain meluncurkan Galaxy S8 Series, Samsung juga mengumumkan trio tablet anyar, Galaxy Tab S8, Tab S8+ dan Tab S8 Ultra di acara Galaxy Unpacked 2022. Varian Ultra mengusung spesifikasi tertinggi dengan membawa fitur-fitur baru.

Sama seperti seri Galaxy S22 yang hadir dengan tiga varian, Samsung juga meluncurkan tablet Samsung Galaxy Tab S8 dalam tiga varian, yakni versi standar, Plus dan Ultra.

Samsung mengatakan menggunakan strategi penamaan seri smartphone ke seri Galaxy Tab S8 yang menjadi tablet unggulan Samsung di 2022. Dari ketiga varian yang diluncurkan, seri Tab S8 Ultra berada di puncak teratas dari sisi spesifikasi.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S22, S22+ & S22 Ultra di Indonesia

Spesifikasi Galaxy Tab S8 Ultra

Galaxy Tab S8 Ultra
Samsung Galaxy Tab S8+

Spesifikasi Galaxy Tab S Ultra merupakan varian tertinggi di keluarga tablet terbaru Samsung. Tablet ini memiliki ukuran terbesar dan merupakan tablet tercanggih yang dibuat Samsung hingga saat ini.

Tablet ini memiliki layar Super AMOLED 14,6 inci dengan resolusi 2960x1848px dan refresh rate 120Hz. Tab S Ultra merupakan tablet Samsung pertama dengan takik pada layarnya. Samsung akhirnya menjilat ludahnya sendiri, karena pernah mengejek Apple yang menggunakan desain layar takik pada iPad.

Samsung berhasil merampingkan bezel layar menjadi hanya 6,3mm, dengan menempatkan dua kamera 12MP di dalam takik, yang terdiri sensor wide dan modul ultrawide dengan bidang pandang 120.

Baca juga: 5 Fitur Samsung Galaxy S22 Series, Inovatif & Semakin Canggih

Kamera depan juga mendukung perekaman video hingga 4K. Bagian belakang memiliki kamera utama 13MP bersama dengan kamera ultrawide 6MP.

Tab S8 Ultra memiliki pengaturan empat speaker stereo dari AKG, yang juga digunakan pada seri sebelumnya. Tablet ini juga disematkan fitur pembaca sidik jari optik dalam layar. Fitur konektifitasnya ada Wi-Fi 6E dan sudah mendapatkan dukungan 5G.

Ketiga model Tab S8 dilengkapi stylus S Pen yang dibundel dalam paket penjualan. Cangkang pada ketiga tablet terbuat dari aluminium, yang diklaim lebih tahan lama dan tidak mudah tertekuk dibandingkan seri Tab S7.

Untuk dapur pacunya ditenagai chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, dengan opsi kapasitas RAM 8/12/16GB, serta penyimpanan internal 128/256/512GB yang juga dapat diperluas melalui slot microSD. Tablet ini berjalan pada sistem operasi Android 12 dengan One UI 4.1 di atasnya.

Samsung juga menghadirkan fitur kontinuitas baru yang memungkinkan Anda menggunakan Galaxy S22 Ultra sebagai tampilan pendamping di aplikasi seperti Clip Studio Paint.

Selain itu, ada juga fitur Wireless DeX yang dihadirkan pada perangkat ini, membuatnya bisa difungsikan mirip desktop saat dihubungkan ke layar monitor eksternal yang lebih besar.

Sebagai sumber tenaganya disematkan baterai 11.200 mAh dengan dukungan pengisian kabel cepat hingga 45W. Namun harap diketahui, charger tidak disertakan dalam kotak paket penjualan, yang artinya Anda harus membelinya secara terpisah.

Spesifikasi Galaxy Tab S8 dan Tab S8+

Samsung Galaxy Tab S8

Jika Tab S8 Ultra 14,6 inci Anda rasa terlalu besar, maka Anda bisa memilih varian Samsung Tab S8 11 inci dan Tab S8+ 12,4 inci yang berukuran lebih kecil. Kedua varian ini juga ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 1, sama seperti model Ultra.

Spesifikasi Galaxy Tab S8 menghadirkan layar TFT LTPS 11 inci dengan resolusi 2560 x 1600 piksel dan refresh rate 120Hz. Sedangkan Tab S8+ menawarkan Super AMOLED 12,4 inci dengan resolusi 2800 x 1752px dan juga refresh rate 120Hz. Layar kedua tablet ini tidak ada takik.

Untuk model standar menempatkan pemindai sidik jari di samping, sementara model plus di dalam layar. Kedua tablet memiliki kamera selfie ultrawide 12MP dan kamera utama 13MP dan ultrawide 6MP di bagian belakang.

Baca juga: Perbandingan Lengkap Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Series

Galaxy Tab S8+
Samsung Galaxy Tab S8

Samsung menyematkan pengaturan empat speaker dari AKG, dan Anda juga mendapatkan stylus S Pen yang dibundel dalam paket penjualan, sama seperti pada Tab S8 Ultra.

Galaxy Tab S8+
Samsung Galaxy Tab S8+

Untuk memorinya, Anda dapat memilih antara RAM 8GB atau 12GB dan penyimpanan 256/512GB yang dapat diperluas lagi melalui microSD. Kedua tablet menjalankan One UI 4.1 yang sama di atas Android 12.

Tab S8 memiliki kapasitas baterai 8.000 mAh, sedangkan model Plus memiliki baterai 10.090 mAh. Keduanya sudah dilengkapi pengisian hingga 45W, asalkan Anda mendapatkan adaptor yang tepat. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0