Home Gizmo Direndam Air 12 Hari, Bagaimana Nasib Samsung Galaxy S21?

Direndam Air 12 Hari, Bagaimana Nasib Samsung Galaxy S21?

Samsung Galaxy S21

Telset.id, Jakarta – Samsung Galaxy S21 series sudah mengantongi sertifikasi IP68, yang berarti anti air dan debu. Namun, rupanya ada salah seorang pengguna yang belum yakin dengan sertifikasi IP68 yang diterima Samsung Galaxy S21.

Perlu diketahui, sertifikasi IP68 menandakan bahwa smartphone sudah terlindung dari partikel kecil yang berpotensi masuk ke dalam bodi dan berpotensi merusak komponen di dalamnya, seperti debu atau air.

Ponsel ataupun perangkat yang mendukung IP68 biasanya mampu diajak menyelam hingga kedalaman 1,5-2 meter selama 30 menit.

Biasanya, sertifikasi semacam ini dimiliki oleh ponsel pintar kelas atas. Mengingat Galaxy S21 merupakan ponsel flagship, maka tidak heran jika HP terbaru Samsung itu sudah mengantongi sertifikasi tersebut.

Menariknya, salah satu channel YouTube dengan nama Photo Owl Time Lapse menguji kemampuan anti air dari Samsung Galaxy S21. Tak tanggung-tanggung, HP flagship Samsung tersebut direndam dalam akuarium selama 12 hari non stop.

Direndam 12 Hari, Samsung Galaxy S21 Benar-benar Anti Air?

Samsung Galaxy S21 Direndam dalam Air

Dalam video tersebut, terlihat Samsung Galaxy S21 diletakkan dalam sebuah akuarium penuh terisi air. Tidak lupa stopwatch dalam ponsel juga diaktifkan untuk menghitung berapa lama durasi smartphone tersebut berada dalam air.

Uji coba ini bahkan ditayangkan secara live streaming di YouTube. Channel Photo Owl Time Lapse juga memberikan detail update terkait perangkat pada kolom deskripsi video.

{Baca Juga: 7 Fitur Canggih nan Keren di Samsung Galaxy S21 Series}

Mereka mencatat, aplikasi stopwatch yang menyala di smartphone Samsung hanya bisa mencatat sampai 99 jam, 59 menit, dan 59 detik, kemudian kembali mengulang dari awal.

Untuk memberikan tanda, muncul teks +200 jam yang berarti pomsel tersebut sudah melakukan dua kali pengulangan.

Setelah terendam selama 117 jam dan 53 menit, ponsel menunjukkan peringatan telah mendeteksi adanya kelembaban. Imbasnya, layar tidak lagi responsif dan terus berpindah antar aplikasi tanpa terkendali.

Setelah beberapa tombol ditekan, ponsel kembali berfungsi dengan baik meskipun peringatan kelembaban masih menyala.

{Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Samsung Terbaru}

Masuk ke 241 jam 10 menit, smartphone masih tetap menyala. Diketahui speaker sudah mulai bermasalah, karena saat dicoba memainkan lagu, suaranya terdengar sangat buruk dan tidak jelas.

Agar bisa terus menyala, digunakan wireless charger yang tertempel di bagian luar akuarium. Dengan ini baterai ponsel dapat dipastikan tetap terisi penuh.

Sebagai informasi tambahan, sertifikasi IP68 milik Galaxy S21 diklaim mampu bertahan dalam air hingga kedalaman maksimal 1,5 meter selama tiga puluh menit, bahkan dalam air laut. (HR)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Exit mobile version