Reno3 dan Alasan Kenapa MediaTek Helio P90 Jadi Otaknya

Telset.id, Jakarta – Smartphone mungkin hanyalah satu dari sekian banyak produk teknologi yang tak pernah lelah membekali dirinya dengan hal-hal baru, dan lebih maju. Anda mungkin masih ingat, hari-hari dimana smartphone hanya membawa RAM beberapa MB saja dan prosesor seadanya, dengan kecepatan clock yang sangat sedikit. Tetapi, lihatlah sekarang. Seiring berjalannya waktu, smartphone menjadi lebih bertenaga dengan prosesor multi-core berkecepatan tinggi dan RAM super besar. Oke, sebagian dari kita mungkin familiar dengan salah satu smartphone besutan Oppo, yang baru-baru ini diperkenalkan. Yes, Oppo Reno3 hanyalah satu diantaranya.

Bukan saja datang dengan RAM yang besar, yakni 8GB, anggota teranyar dari seri Reno ini juga membekali diri dengan prosesor pilihan, MediaTek Helio P90.

Nah, pertanyaannya sekarang, kenapa Mediatek? Dan kenapa si Helio P90 ini? Apa hebatnya?

Tentu saja, Oppo bukannya tidak memiliki pertimbangan ketika memutuskan untuk membenamkan chipset ini di kepala reno3. Apalagi sembarang cap cip cup. Pasalnya, jika kita mengacu pada seperti apa Oppo ingin “membesarkan” anaknya ini, pilihan ini lebih dari tepat.

Sekedar informasi, Oppo Reno3 merupakan perangkat smartphone yang nantinya akan banyak memanfaatkan kederdasan buatan (AI) dalam sistemnya. Kinerja AI ini sendiri menjadi sangat penting pada Reno3 terutama pada sisi fotografi dan pengambilan video. Dimana Oppo mempersenjatainya dengan 5 kamera sekaligus, terdiri dari 4 kamera belakang dan 1 kamera selfie. Pada bagian belakang, ada kamera utama 48MP, lensa telephoto 13MP, lensa wide-angle 8MP dan lensa mono 2MP. Oppo juga menghadirkan fitur 108 MP Ultra Clear Image melalui lensa utama untuk mengambil gambar dengan resolusi yang sangat tinggi.

{Baca juga: Segera Meluncur di Indonesia, Ini Hasil Foto 108MP dari Oppo Reno3}

Menariknya, tidak seperti smartphone lain yang memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar di resolusi besar dengan mengatur aspek rasio, pengaturan 108MP di Oppo Reno3 terdapat di mode Pro dan memilih mode XHD.

Di bagian depan, Oppo menyematkan lensa 44MP Ultra Night Selfie untuk berswafoto di malam hari.

Melalui kamera utama, Reno3 dapat merekam informasi sub-pixel dengan resolusi gambar yang sangat tinggi. Ketika menggunakan fitur 108MP Ultra Clear Image, Reno3 akan mengambil foto multi-frame dan melalui kecerdasan buatan akan secara otomatis digabungkan. Secara tidak langsung, meringankan tugas kita dong? Tentu saja, yang menganggap AI sebagai area penting pada sebuah smartphone, dan tak boleh disia-siakan.

Bagaimanapun, memproses tugas-tugas AI di di SoC ponsel sendiri lebih disukai karena dapat secara aktif bekerja bersama dengan semua sensor di smartphone. Ini berarti responsnya lebih cepat, lebih aman, lebih terjaga kerahasiaannya dan memerlukan lebih sedikit data jaringan, tergantung pada aplikasi. Dengan begitu, perangkat menjadi lebih hemat daya.

Kenapa MediaTek Helio P90 lebih baik?

Menciptakan SoC smartphone berperforma sangat tinggi bagaimanapun merupakan sebuah tantangan. Perlu ketelitian desain prosesor (dalam APU 2.0, salah satu prosesor AI dirancang sendiri oleh MediaTek), sistem harus tetap berada dalam batasan termal yang baik, daya dan memori yang ketat, namun tetap fleksibel dan cukup kuat untuk memenuhi permintaan aplikasi yang semakin canggih.

{Baca juga: Tips Memaksimalkan Oppo Reno3 untuk Belajar di Rumah}

Di sini, Helio P90 memimpin melalui desainnya, dimana ia menggunakan sistem yang sangat heterogen (CPU, GPU, APU) dan fleksibel, dapat diprogram untuk memenuhi berbagai desain produk dan kebutuhan aplikasi, serta sangat efisien berkat ekosistem perangkat lunak NeuroPilot di badannya.

Di atas kertas, skor 25.645 yang diperoleh Helio P90 pada benchmark ETHZmenjadikannya pemimpin pada aplikasi AI. Dimana disini secara komprehensif diuji kinerja AI-nya di sejumlah tugas, termasuk Pengenalan Objek/Klasifikasi, Pengenalan Wajah, Pengecilan Gambar, Super-Resolusi Gambar, Segmentasi Gambar Semantik, Peningkatan Gambar Semantik, dan Peningkatan Foto. Pendek kata, MediaTek Helio P90 adalah yang tercepat dalam urusan AI. Satu hal yang menjadi area penting bagi Oppo Reno3.

Previous articleHands-on Oppo Reno3: Tonjolkan Fitur AI dengan Kamera 108MP
Next articleRealme Fokus Jualan Online di Tengah Wabah Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here