Redmi 9C vs Realme C12: Harga Sejutaan, Bagus Mana?

COMPARE

Redmi 9C Realme C12

Telset.id – Xiaomi telah menghadirkan ponsel kelas menengah terbaru, Redmi 9C. Mengusung spesifikasi khas smartphone entry-level, Redmi 9C rupanya dapat bersaing ketat dengan ponsel di kelas yang sama, seperti Realme C12.

Ya, serupa dengan Redmi 9C, Realme C12 juga dipersiapkan untuk menggaet konsumen di kelas entry-level. Pun keduanya sama-sama menyasar pengguna dari kalangan generasi milenial.

Dari segi spesifikasi dan fitur, baik Redmi 9C dan Realme C12 juga tak jauh berbeda. Mungkin bagi Anda yang meminati salah satu dari kedua smartphone ini akan menimbang-nimbang, mana sebaiknya yang akhirnya dipinang.

Perbandingan Redmi 9C dan Realme C12

Nah, untuk memberikan gambaran yang lebih jelas untuk Anda, kami akan menghadirkan perbandingan Redmi 9C dan Realme C12 untuk Anda. Yuk disimak!

Desain

Redmi 9C Realme C12

Dari segi desain, keduanya memiliki desain layar yang nyaris sama. Redmi 9C dan Realme C12 sama-sama mengadopsi desain layar dengan notch berbentuk waterdrop.

Realme C12 dilengkapi layar berukuran 6,5 inci beresolusi HD+. Layarnya berdesain mini drop dengan notch kecil dan memiliki rasio layar mencapai 88,7%.

Sementara Redmi 9C memiliki layar IPS dengan ukuran 6,53 inci. Layarnya juga mengadopsi desain notch berbentuk waterdrop dan beresolusi HD+.

Akan tetapi, layar Redmi 9C sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland, yang berarti membuat pengguna lebih nyaman menatap layar di waktu yang cukup lama.

{Baca Juga:Redmi 9C, Spesifikasi dan Harga yang Cocok untuk Gen Z}

Beralih ke bagian belakang, keduanya lagi-lagi memiliki tampilan yang nyaris serupa. Terdapat tiga kamera belakang yang diletakkan dalam frame berbentuk kotak. Pada bagian tengah juga telah terpasang sensor pemindai sidik jari.

Xiaomi menyediakan tiga varian warna Redmi 9C yang bisa dipilih, yakni Sunrise Orange, Twilight Blue, dan Midnight Grey. Sementara Realme C12 tersedia dua varian warna Coral Red dan Marine Blue.

So far, dari segi desain mungkin tidak ada perbedaan yang signifikan. Hanya pilihan warna yang tinggal disesuaikan dengan selera Anda.

Spesifikasi

kamera Redmi 9C (Xiaomi)
Redmi 9C (Xiaomi)

Sekarang kita lihat dari segi performa. Redmi 9C dan Realme C12 sama-sama menggunakan spesifikasi berupa prosesor MediaTek Helio G35.

Bedanya, Realme C12 hanya tersedia dengan varian RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Sementara Redmi 9C hadir dengan dua varian RAM dan memori penyimpanan, yaitu 3 GB/32 GB dan 4 GB/64 GB.

Pada bagian ini, Redmi 9C menawarkan pilihan RAM dan memori internal yang bisa dipilih oleh pengguna. Tentunya pengguna bisa menyesuaikan varian mana yang sesuai dengan budget yang dimilikinya.

{Baca Juga: Realme C12 Mendarat di Indonesia, Dijual Cuma Sejutaan}

Untuk urusan sumber daya, Redmi 9C ditopang baterai dengan kapasitas sebesar 5.000 mAh. Sementara Realme C12 punya baterai yang jauh lebih besar dengan kapasitas 6.000 mAh.

Berbekal kapasitas baterai yang lebih besar, Realme C12 jelas menawarkan daya tahan dan durasi penggunaan yang lebih lama jika dibandingkan dengan Redmi 9C.

Kamera

Dari sektor fotografi, keduanya sama-sama mengandalkan setup tiga kamera belakang. Xiaomi membenamkan setup tiga kamera belakang lengkap dengan AI pada Redmi 9C.

Komposisi tiga kamera ini terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan depth sensor 2 MP.

Sementara Realme C12 mengandalkan kamera utama 13 MP f/2.2, kamera B&W f/2.4, dan kamera makro f/2.4.

Untuk keperluan selfie, kedua ponsel sama-sama dibekali dengan kamera depan 5 MP.

{Baca juga: Samsung Terpuruk, Merek Smartphone asal China Berjaya di Indonesia}

Harga

Bagian ini biasanya menjadi pertimbangan paling menentukan kala ingin membeli sebuah smartphone. Seperti apa perbedaan harga dari Redmi 9C dan Realme C12?

Redmi 9C resmi dilepas ke Indonesia dengan harga Rp 1.399.000 untuk varian 3 GB/32 GB. Sementara untuk versi 4 GB/64 GB dihargai Rp 1.599.000.

Sementara untuk Realme C12 dibanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal di angka Rp 1.899.000.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, keduanya memang menawarkan spesifikasi yang tak jauh berbeda. Seperti ukuran layar yang hanya berbeda tipis, juga penggunaan chipset dengan tipe yang sama.

Hanya saja, Realme C12 lebih unggul dari segi kapasitas baterai 6.000 mAh dibandingkan Redmi 9C yang “hanya” memiliki baterai 5.000 mAh.

Sedangkan, Redmi 9C unggul dari varian RAM dan memori internal yang bisa dipilih pengguna. Demikian juga dari banderol harga yang menjadi faktor krusial pertimbangan konsumen.

Kedua varian dari Redmi 9C terbukti jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga Realme C12.

So, itu dia kesimpulan kami mengenai perbandingan Redmi 9C vs Realme C12. Keputusan tetap berada penuh di tangan Anda ketika ingin membeli kedua ponsel kelas entry-level ini. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here