Telset.id, Jakarta – Sony tampaknya terus berusaha untuk meningkatkan performa PS5 Pro sejak awal konsol ini dirilis, kini perusahaan akan menghadirkan teknologi upscaling yang lebih canggih.
Dalam sebuah wawancara dengan Digital Foundry, Mark Cerny, Lead Console Architect untuk Sony Interactive Entertainment, mengungkapkan bahwa PS5 Pro akan mendapatkan teknologi upscaler baru yang dikembangkan dengan pendekatan serupa FidelityFX Super Resolution 4 (FSR 4) dari AMD.
Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan resolusi grafis dalam game, memberikan pengalaman visual yang lebih tajam tanpa mengorbankan performa secara signifikan. Namun, Cerny menegaskan bahwa Sony tidak secara langsung mengadopsi FSR 4, melainkan mengembangkan solusi serupa yang diintegrasikan dalam ekosistem PlayStation.
BACA JUGA:
- Lebih dari 50 Game Versi Enhanced Bakal Tersedia di PS5 Pro
- PS5 Pro Resmi Diumumkan dengan GPU Baru dan Teknologi AI
FSR 4 (FidelityFX Super Resolution 4) adalah teknologi upscaling terbaru dari AMD yang digunakan dalam GPU modern seperti Radeon RX 9070 dan Radeon RX 9070 XT. Teknologi ini memungkinkan game untuk dirender pada resolusi yang lebih rendah, lalu ditingkatkan ke resolusi yang lebih tinggi dengan tetap mempertahankan detail visual yang optimal.
Pada PS5 Pro, Sony berencana untuk mengembangkan upscaler serupa yang menjadi evolusi dari teknologi mereka sendiri, yaitu PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR). PSSR adalah sistem yang dirancang untuk meningkatkan kualitas gambar di PS5 Pro dengan teknik upscaling berbasis AI.
Menurut Cerny, Sony menargetkan peluncuran teknologi upscaler baru ini pada 2026, sehingga game-game mendatang dapat memanfaatkan peningkatan visual yang lebih baik.
Sony telah mengembangkan PSSR sebagai fitur bawaan PS5 Pro. Saat ini, Sony sedang bekerja sama dengan pengembang game untuk mengintegrasikan PSSR ke dalam berbagai judul yang sudah ada maupun game baru yang akan dirilis dalam waktu dekat.
Namun, pengembangan teknologi upscaler baru ini berjalan secara paralel dengan PSSR. Cerny menjelaskan bahwa proses implementasi ini cukup rumit dan memerlukan waktu. Karena itu, 2025 akan menjadi tahun di mana Sony fokus untuk mengoptimalkan PSSR pada game yang ada sebelum beralih ke sistem upscaling baru pada 2026.
Salah satu alasan utama mengapa teknologi upscaler baru ini belum tersedia saat ini adalah karena proses pengembangannya yang kompleks. Cerny menyatakan bahwa sistem yang sedang dikembangkan harus bisa mengambil input yang sama dan menghasilkan output dengan kualitas yang sebanding dengan FSR 4.
“Proses implementasi ini cukup ambisius dan memakan waktu, itulah sebabnya upscaler baru ini belum tersedia di PS5 Pro saat ini,” ungkap Cerny. Sony ingin memastikan bahwa teknologi ini dapat diintegrasikan dengan lancar ke dalam ekosistem PS5 Pro sebelum dirilis secara luas.
Bagi para gamer, hadirnya teknologi upscaler baru ini berarti peningkatan kualitas visual yang lebih baik tanpa harus bergantung pada resolusi asli yang lebih tinggi, yang sering kali mengorbankan performa. Beberapa manfaat utama dari teknologi ini antara lain grafis yang lebih tajam dan detail, performa yang terus stabil, dan pengalaman gaming yang lebih imersif.
BACA JUGA:
- Sekuel Tsushima, Ghost of Yōtei Bakal Hadir di PS5 Tahun 2025
- Sony Umumkan Days Gone Remastered untuk PlayStation 5 dan PC
Selain itu, game yang sudah menggunakan PSSR akan terus mendapatkan peningkatan, sehingga pemilik PS5 Pro masih bisa menikmati perbaikan visual bahkan sebelum upscaler baru ini dirilis.